Kompas.com - 26/01/2021, 07:13 WIB
Catherine Wilson berpose di Gedung Trans, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Rabu (17/10/2018). Kompas.com/Tri Susanto SetiawanCatherine Wilson berpose di Gedung Trans, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Rabu (17/10/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengadilan Negeri (PN) Depok kembali menggelar persidangan kasus dugaan penyalahgunaan dan kepemilikan narkoba dengan terdakwa Catherine Wilson pada Senin (25/1/2021).

Setelah dituntut delapan bulan rehabilitasi dan membacakan pledoi (pembelaan), persidangan kali ini beragendakan pembacaan putusan dari majelis hakim.

Berikut rangkuman dari sidang putusan Catherine Wilson.

Divonis 7 bulan penjara

Hakim Nugraha Medica Prakasa membacakan putusan dan menyatakan Catherine Wilson bersalah atas kasus penyalahgunaan dan kepemilikan narkoba.

Dengan begitu, majelis hakim menjatuhkan hukuman penjara terhadap Catherine Wilson selama tujuh bulan.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa I Catherine binti Peter Wilson dan terdakwa II Jumadi bin Sukidi alias Jum oleh karena itu dengan pidana penjara masing-masing tujuh bulan," kata hakim di dalam persidangan.

Baca juga: Catherine Wilson Divonis 7 Bulan Penjara atas Kasus Narkoba

"Menetapkan masa penangkapan dan penahanan yang telah dijalani oleh para terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang telah dijatuhkan," ucap hakim melanjutkan.

Tak ajukan banding

Kuasa hukum Catherine Wilson, Verna Wahono mengatakan kliennya menerima putusan hakim tersebut.

Oleh karena itu, Verna mengatakan pihaknya tidak akan mengajukan memori banding atas putusan hakim tersebut.

"Itu terima sih, karena kak Catherine sendiri yang ngejalanin juga terima putusannya. Jadi kita jalanin aja sih," kata Verna seusai persidangan.

Baca juga: Tak Ada Saksi Ahli, Sidang Catherine Wilson Langsung Pembacaan Tuntutan

Diprediksi bebas sebentar lagi

Berdasarkan putusan hakim tersebut, Verna memprediksi Catherine Wilson bakal menghirup udara segar pada awal Februari mendatang.

Menghitung dari potongan masa penahanan, Verna mengatakan kliennya telah menjalani selama enam bulan 13 hari.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X