Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/11/2020, 20:14 WIB
Melvina Tionardus,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdiskusi tentang pendidikan, aktris sekaligus penyanyi Maudy Ayunda saling berbagi pemikiran dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

Setelah beberapa topik, Nadiem Makarim minta Maudy Ayunda mengajarkannya konsep sistem pendidikan yang dipelajari selama kuliah di Stanford University.

Baca juga: Jawab Rasa Penasaran Maudy Ayunda, Nadiem Makarim Singgung soal Pelajar Pancasila

Maudy Ayunda terdaftar sebagai mahasiswa jurusan Bidang Pendidikan dan jurusan Bisnis di kampus bergengsi di Amerika Serikat itu sejak 2019.

"Kayaknya sudah banyak konsep-konsep pendidikan yang dipelajari di Stanford, tolong dong ajarin saya. Apa sih konsep yang paling 'Aha!' di Stanford waktu ambil bidang pendidikan? Yang paling wah atau break through," ucap Nadiem Makarim saat siaran live Instagram, Jumat (27/11/2020).

Baca juga: Selain Film, Generasi 90an: Melankolia Hadir dalam Format Series

Awalnya Maudy hanya tertawa mendapat pertanyaan itu.

Pemeran film Perahu Kertas itu juga mengaku tahun ini baru mulai mengambil kelas tentang pendidikan, tetapi ada satu konsep yang bisa dibagikannya.

"Jadi frame work yang digunakan untuk memecahkan masalah sosial apa pun itu, it's the idea of positive deviance. Bahwa approach-nya itu kita bukan cari solusi dari luar," tutur Maudy Ayunda.

Baca juga: Kepada Nadiem Makarim, Maudy Ayunda Ungkap Perbedaan Sistem Pendidikan AS dan Indonesia

Kata Maudy, biasanya saat ada masalah sosial cenderung mencari ahli dari luar lalu mereka mengaplikasikan solusinya.

"Positive deviance ini adalah ide di mana kita mencari orang-orang yang juga mengalami restrictions (batasan) dan constraints (kendala) yang sama dalam environment yang sama, tapi somehow mendapatkan hasil yang berbeda dari yang lainnya. Pasti ada satu dua hal yang orang itu lakukan yang membuahkan hasil berbeda," jelas Maudy Ayunda.

Baca juga: Pertanyaan Maudy Ayunda yang Bikin Nadiem Makarim Menghela Napas

Menurut Maudy konsep yang bisa ditujukan ke murid dan guru ini sangat menarik.

"Ini juga konsepnya mengajak orang-orang di komunitas itu untuk juga memiliki ownership karena itu bersama-sama mencari cara yang baik," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com