Kepada Nadiem Makarim, Maudy Ayunda Ungkap Perbedaan Sistem Pendidikan AS dan Indonesia

Kompas.com - 27/11/2020, 17:18 WIB
Artis peran yang juga penyanyi Maudy Ayunda membagi tips merawat wajah. Hasil tangkap layar Instagram Maudy AyundaArtis peran yang juga penyanyi Maudy Ayunda membagi tips merawat wajah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktris Maudy Ayunda yang kini tengah menempuh jenjang S2 di Stanford University, berbincang dengan Mendikbud Nadiem Makarim membahas pendidikan.

Maudy ditanya hal atau perspektif yang dirasa berbeda antara sistem pendidikan Indonesia dengan Amerika Serikat.

Kata perempuan kelahiran 1994 itu, ada tiga perbandingan.

Baca juga: Pertanyaan Maudy Ayunda yang Bikin Nadiem Makarim Menghela Napas

"Kalau untuk aku, yang paling aku rasa adalah ruang untuk perkembangan itu mungkin adalah aspek pembelajaran di mana anak-anak itu satu, mencintai proses belajar," kata Maudy Ayunda dalam siaran live Instagram, Jumat (27/11/2020).

Menurut Maudy Ayunda, di negara tempatnya belajar kini, murid atau mahasiswa punya motivasi lebih dari dalam sendiri untuk belajar.

"Kedua, memiliki ownership terhadap pembelajaran tersebut. Maksudnya ada kemandirian dan rasa ingin tahu yang akhirnya intrinsik," jelas Maudy.

Baca juga: Pevita Pearce Unggah Foto Bareng Mantan Pacar Maudy Ayunda, Jadian?

Di AS, ia juga memperhatikan soft skills alias keterampilan masing-masing individu.

"Ketiga, the development of critical thinking skills, kind of those soft skills, and problem solving skills yang mungkin sedikit lebih ditekankan kalau aku lihat dari di pendidikan di luar negeri dibandingkan di Indonesia," tuturnya.

Sebagai informasi, Maudy Ayunda menamatkan kuliah S1 jurusan P.P.E (Politics, Philosophy, and Economics) pada 2016 dari Oxford University, Inggris.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X