Sinopsis Film Kartini, Dian Sastro Sebagai Tokoh Emansipasi Wanita

Kompas.com - 08/09/2020, 08:18 WIB
Film Kartini (2017), dibintangi oleh Dian Sastro, akan tayang di Netflix 17 September 2020. IMDbFilm Kartini (2017), dibintangi oleh Dian Sastro, akan tayang di Netflix 17 September 2020.

JAKARTA, KOMPAS.com- Kartini merupakan sebuah film biografi dari tokoh emansipasi wanita, R.A. Kartini, yang dibesut oleh sutradara Hanung Bramantyo pada 2017.

Film ini menjadi penampilan ketiga Kartini di layar lebar setelah biografi R.A. Kartini (1984), dan kisah fiksi asmara Kartini, Surat Cinta Untuk Kartini (2016).

Bercerita tentang Kartini (Dian Sastrowardoyo) yang tumbuh dengan melihat langsung ibunya yang bernama Ngasirah (Christine Hakim) menjadi orang terbuang dirumahnya sendiri.

Baca juga: 10 Film Indonesia Rekomendasi Netflix yang Wajib Ditonton

Hal ini terjadi dikarenakan tidak memiliki darah ningrat dan menjadi seorang pembantu.

Sang ayah, Raden Sosroningrat (Deddy Sutomo) yang mencintai Kartini tidak berdaya melawan tradisi yang sudah turun temurun.

Sepanjang perjalanan hidupnya, Kartini berjuang untuk menyetarakan hak bagi semua orang baik ningrat atau bukan, terutama hak pendidikan untuk perempuan.

Baca juga: Sinopsis Film Mengejar Matahari, Kisah Pahit Manis Persahabatan, Tayang di RCTI+

Bersama dengan kedua saudarinya, Roekmini (Acha Septriasa) dan Kardinah (Ayushita), Kartini berjuang mendirikan sekolah untuk kaum miskin dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi semua masyarakat Jepara.

Di samping perjuangannya, ia juga harus menghadapi masalah pribadinya.

Ia juga harus mendobrak tradisi yang telah ada selama turun-temurun.

Baca juga: Sinopsis Lovely Man, Raihaanun Mencari Ayahnya yang Hilang, 17 September di Netflix

Tradisi apa saja yang Kartini dobrak pada saat itu?

Temukan jawabannya di film Kartini (2017) yang tayang di Netflix 17 September 2020.

Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X