Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Fajar Bustomi Pilih Muhammad Adhiyat Perankan Dilan

Kompas.com - 13/05/2024, 18:46 WIB
Cynthia Lova,
Kistyarini

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Sutradara Fajar Bustomi mengungkap proses pemilihan aktor Muhammad Adhiyat memerankan karakter Dilan di film Dilan 1983: Wo Ai Ni.

Fajar mengatakan, butuh waktu hampir satu tahun untuk memutuskan pemeran karakter Dilan.

“Nah pada saat menentukan Adhiyat itu sebenarnya kita casting harus hampir setahun ya bolak balik ke Ayah (Pidi Baiq),” ujar Fajar di peluncuran poster dan film di Bandung, Jawa Barat, Senin (13/5/2024).

Fajar menggunakan perasaan ketika memilih Adhiyat untuk memerankan Dilan.

Baca juga: Dilan 1983: Wo Ai Ni Rilis Trailer dan Poster, Tampilkan Gombalan Khas Dilan

Berkaca dari film Dilan 1990, Fajar berpendapat karakter Dilan harus menyenangkan. Meski ada sisi suka mengkritik, hal itu tidak menjadikan Dilan sosok yang menyebalkan.

“Saya selalu pegang itu Dilan itu dia kalau ngomong itu dia memang nyebelin ke si Mei Lien gitu, tapi Mei Lien dia itu belakangnya kok lucu juga ya? Dilan kan harus merasa itu. Senyumnya manis juga ya,” ucap Fajar.

“Waktu itu nyari-nyari castingnya bagus-bagus juga aktingnya. Alhamdulillah Indonesia punya pemain-pemain yang bagus. Waktu di Falcon, ngobrol sama saya lagi duduk-duduk, tiba-tiba Adhiyat, lagi di Falcon ya kalau enggak salah waktu itu. Saya perhatikan, saya datangin deh,” lanjut Fajar.

Fajar tak tahu Adhiyat ternyata pernah memerankan adik Dilan di film Ancika: Dia yang Bersamaku 1995.

Baca juga: Novel Dilan 1983: Wo Ai Ni Dirilis Berbarengan dengan Foto Eksklusif Filmnya

“Saya enggak tahu bahkan baru tahunya pas kita udah putuskan dia (jadi karakter Dilan). Tapi ada pertanyaan juga dari tim gitu,” ujar Fajar.

“Ini kan udah ini gimana ini universe-nya nanti bingung. Saya bilang enggak apa-apa. bismillah... karena kita harus menentukan yang feeling-nya sama,” lanjut Fajar.

Fajar semakin yakin memilih Adhiyat setelah Pidi Baiq menyetujuinya.

“Saya enggak mau langkahi Ayah. Kita bawa Adhiyat ke ke Bandung ngobrol sama Ayah juga saya. Responsnya juga 'Oh kayaknya sama Jar'. Bismillah kita pakai Adhiyat dan jadilah Adhiyat,” ucap Fajar.

“Jadi prosesnya panjang juga ya bolak-balik ya difoto dulu. Dites dulu, ini sebelumnya cara ngomongnya apa segalanya, bisa enggak ya sesuai dengan yang diarahkan Ayah dan saya. Kurang lebih gitu sih,” tutur Fajar.

Baca juga: 6 Fakta di Balik Film Dilan 1983: Wo Ai Ni

Film Dilan 1983: Wo Ai Ni menceritakan masa kecil Dilan yang tinggal di Bandung bersama keluarganya.

Film ini membawa penonton kembali ke masa 1980-an, di mana mereka akan melihat sisi lain Dilan yang belum pernah terungkap sebelumnya.

Menjelang tayang, film Dilan 1983: Wo Ai Ni merilis trailer dan posternya di Mall Paris Van Java Bandung, Jawa Barat pada Senin (15/5/2024).

Perilisan trailer dan poster ini dihadiri Muhammad Adhiyat, Sulthan Hamonangan, Keanu Azka, Ferdinand, Adzana AshelJKT 48, Zayyan Sakha, Muzakki, Shania Diva.

Baca juga: Cerita Adhiyat Saat Pidi Baiq Menunjuknya Jadi Dilan di Film Dilan 1983: Wo Ai Ni

Lalu ada Cleo Haura, Jonathan Alvaro, dan Daan Aria. Selain itu, hadir pula penulis novel Dilan Pidi Baiq, penulis skenario Alim Sudio, dan sutradara Fajar Bustomi.

Film Dilan 1983: Wo Ai Ni ini dijadwalkan tayang di bioskop pada 13 Juni 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com