Strategi di Balik Kesuksesan Album Folklore Taylor Swift

Kompas.com - 27/07/2020, 09:20 WIB
Penyanyi Taylor Swift menghadiri pemutara film dokumenternya, Miss Americana, di 2020 Sundance Film Festival, di Eccles Center Theatre, Park City, Utah, pada 23 Januari 2020.  Neilson Barnard/Getty Images/AFPPenyanyi Taylor Swift menghadiri pemutara film dokumenternya, Miss Americana, di 2020 Sundance Film Festival, di Eccles Center Theatre, Park City, Utah, pada 23 Januari 2020.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam waktu 24 jam, album baru Taylor Swift, Folklore, sukses terjual lebih dari 1,3 juta copy di seluruh negara. Sebuah capaian yang menakjubkan.

Pemutaran lagu tersebut di Spotify juga berhasil memecahkan rekor streaming untuk album artis perempuan di hari pertama rilis, yaitu 80.6 juta kali.

Masih banyak catatan menakjubkan dari album baru Taylor Swift ini. Berbagai teori muncul terkait kesuksesan album ini.

Baca juga: Album Folklore Taylor Swift Terjual 1,3 Juta Copy dalam 24 Jam

 

Mau tahu rahasia dan beragam taktik di balik rilis album "Folklore" berikut rangkumannya.

Kerahasiaan

Tanpa bicara, Taylor Swift tiba-tiba saja mengumumkan album baru, hanya satu hari sebelum Folklore resmi dirilis.

"Sebagian besar hal yang saya sudah rencanakan musim panas ini akhirnya tidak terjadi, tapi ada sesuatu yang saya rencanakan yang terjadi," tulisnya di media sosial.

Baca juga: Resmi, Taylor Swift Rilis Single Cardigan dan Album Folklore

"Dan hal itu adalah album studio ke-8 saya, folklore. Surprise!" tulisnya.

Sesuai mood saat ini

Banyak yang menganggap album Folklore sesuai dengan mood saat ini dan lagu-lagu di dalamnya memiliki potensi tumbuh dan berubah bersama dengan mood.

Taylor mengatakan kepada penggemarnya aklau tiga diantara lagunya mewakili 'cinta segitiga remaja".

Baca juga: Kejutkan Penggemar, Taylor Swift Akan Rilis Album Folklore Besok

Marketing yang jenius

Rolling Stone mencatat hal unik album Taylor Swift kali ini. Album tersebut dirilis hari Jumat lalu tanpa pengumuman sebelumnya.

Sebenarnya, bukan hal yang aneh seorang artis menyuguhkan bonus lagu pada produk fisik seperti CD atau piringan hitam.

Taktik ini biasa digunakan untuk meningkatkan daya tarik memiliki album fisik dan mendorong orang mengeluarkan uang lebih banyak di zaman streaming seperti sekarang.

Baca juga: Taylor Swift Kecam Bekas Label Rekamannya Rilis Album Live Miliknya Tanpa Izin

Swift juga menggunakan cara itu dalam perilisan album sebelumnya. Tapi pada Folklore" bonus lagu berjudul "The Lakes" hanya tersedia di taylorswift.com.

Keputusan pembatasan penjualan album spesial itu menjadi situs resmi itu tak dimungkiri berkaitan dengan pandemi Covid-19.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X