Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamila Andini Kembali Angkat Topik Perempuan dalam Film Terbarunya

Kompas.com - 01/05/2024, 15:32 WIB
Ady Prawira Riandi,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

UDINE, KOMPAS.com - Sutradara Kamila Andini akan kembali mengangkat topik perempuan dalam film terbarunya, Four Seasons in Java.
.
Kamila Andini merasa dirinya belum puas mengangkat topik perempuan di karya-karya sebelumnya.

"Apa ya yang membedakan? Itu sebenarnya salah satu hal yang kenapa aku sampai sekarang masih belum puas bicara tentang perempuan karena aku tahu bahwa satu film enggak bisa mengungkapkan semua hal," kata Dini saat ditemui di Udine, Senin (30/4/2024).

Baca juga: Setelah Gadis Kretek, Kamila Andini Siap Garap Four Seasons in Java

Kamila Andini merasa dirinya selalu membahas perempuan dari sisi yang berbeda di film atau serial sebelumnya.

"Dan tentu saja berbeda, di Yuni tentang teenager di fase tersebut, ada Nana di fase lebih mature, jadi stage-nya selalu berbeda," kata Dini.

Four Seasons in Java juga akan mengeksplorasi elemen musim sebagai metafora dalam ceritanya.

"Jadi rasanya seru sebagai sutradara untuk mengeksplorasi musim dalam bentuk visual dan craftmanship empat musim ini masuk ke cerita di karakter utamanya," ujar Dini.

Baca juga: Alasan Kamila Andini Pilih Nadin Amizah Jadi Pengisi Soundtrack Gadis Kretek

Four Seasons in Java atau judul Indonesia-nya Empat Musim Pertiwi bercerita tentang seorang perempuan bernama Pertiwi yang menghadapi empat musim dalam masa lalunya.

Pada film ini, Kamila Andini akan kembali berkolaborasi dengan sang suami, Ifa Isfansyah, yang bertindak sebagai produser.

Four Seasons in Java masuk dalam program Focus Asia di Far East Film Festival (FEFF) yang berlangsung dari 24 April sampai 2 Mei 2024 di Udine, Italia.

Four Seasons in Java akan menjadi film panjang kelima dari Kamila Andini setelah Laut Bercermin, Sekala Niskala, Yuni, dan Before, Now, and Then.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com