Kompas.com - 23/04/2020, 17:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Nonton konser dan film di rumah saja selama wabah virus corona, sudah biasa.

Sekarang, giliran pementasan teater yang juga bisa dinikmati dari rumah saja.

Di tengah pandemi Covid-19, Bakti Budaya Djarum Foundation kembali mengajak para penikmat seni untuk #NontonTeaterDiRumahAja.

Baca juga: Keseruan 40 Teman Netra Nonton Film NKCTHI di Teater Bisik

Pementasan Teater Tari Citraresmi akan tayang secara streaming di website www.indonesiakaya.com serta chanel YouTube Indonesia Kaya pada 25 dan 26 April pukul 14.00 WIB.

Pertunjukan teater tersebut merupakan rekaman pementasan yang digelar di Nu-Art Sculpture Park, Bandung, Jawa Barat, pada 1 November 2017.

Acara itu digelar oleh Titimangsa Foundation bekerjasama dengan Mainteater dan didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation.

Baca juga: Temani Masa WFH, Kini Kamu Bisa Menonton Teater di Rumah Aja

Teater Tari Citraresmi karya Toni Lesmana berkisah tentang Dyah Pitaloka Citraresmi dan tragedi Perang Bubat pada 1261 tahun Saka atau 1339 M, di Kawali.

Kawali adalah pusat dari Kerajaan Galuh yang disebutkan dalam karya sastra Kidung Sundayana, kitab Pararaton dan kitab Pusaka Pararatwan i Bhumi Jawa Dwipa.

Pada masa itu, perempuan selalu diposisikan pada subordinat berabad-abad lamanya.

Baca juga: Seni Teater: Pengertian, Sejarah, Unsur dan Jenisnya

Pementasan yang disutradarai oleh Wawan Sofwan ini menampilkan Maudy Koesnaedi, Miming Suwandi, Rinrin Candraresmi, Ida Rosida koswara, dan Ria Ellysa Mifelsa.

Ada pula Hanna Rosiana, Maudy Widitya, Wina Rezky Agustina, Dini Dian Anggraeni, Ulfa Yulia, serta Elfira Sofianni Putri.

Namun, sebelum menonton Teater Tari Citraresmi ini, penikmat seni diberi kesempatan bertanya langsung dengan Maudy Koesnaedi melalui live chit-chat di akun Instagram @indonesia_kaya pada 24 April 2020 pukul 16.00 WIB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.