Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Temani Masa WFH, Kini Kamu Bisa Menonton Teater di Rumah Aja

Kompas.com - 15/04/2020, 19:08 WIB
Ady Prawira Riandi,
Kurnia Sari Aziza

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka mendukung langkah pemerintah menekan angka penyebaran Covid-19, Bakti Budaya Djarum Foundation menghadirkan rekaman pementasan teater agar bisa ditonton di rumah.

Hal ini dilakukan agar para penikmat seni tidak merasa jenuh ketika harus menjalani rutinitas sehari-hari di rumah.

Program #NontonTeaterdiRumahAja diharapkan bisa menjadi alternatif hiburan bagi masyarakat Indonesia yang menjalani work from home atau WFH.

Baca juga: Di Rumah Aja Nonton Kabuki, Seni Teater Tradisional Jepang

"Kegiatan #NontonTeaterDiRumahAja ini menghadirkan rekaman berbagai pementasan teater dari para seniman yang telah digelar beberapa waktu lalu. Semoga kegiatan ini dapat menjadi alternatif hiburan bagi masyarakat, khususnya pecinta seni pertunjukan Indonesia,” ujar Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, Renitasari Adrian, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (15/4/2020). 

#NontonTeaterDiRumahAja ini bisa disaksikan secara streaming setiap akhir pekan melalui situs web www.indonesiakaya.com.

Untuk penayangan perdana ini, penikmat seni diajak menyaksikan rekaman pementasan teater Bunga Penutup Abad yang akan ditayangkan pada Sabtu, 18 April dan Minggu, 19 April pukul 15.00 WIB.

Baca juga: Keseruan 40 Teman Netra Nonton Film NKCTHI di Teater Bisik

Bunga Penutup Abad sebelumnya pernah dipentaskan pada 25 dan 26 Agustus 2016. 

Pementasan yang digelar Titimangsa Foundation dan didukung Bakti Budaya Djarum Foundation ini diadaptasi dari novel Bumi Manusia dan Anak Semua Bangsa yang termasuk dalam seri novel Tetralogi Pulau Buru karya Pramoedya Ananta Toer.

Para pemain yang dihadirkan dalam pementasan Bunga Penutup Abad pun adalah aktor-aktor terbaik Indonesia.

Baca juga: Lebih Susah Main Film atau Sinetron? Kiky Saputri Jawab Teater

Happy Salma berperan sebagai Nyai Ontosoroh, Reza Rahadian sebagai Minke, Lukman Sardi sebagai Jean Marais dan Chelsea Islan sebagai Annelies, dan Sabia Arifin sebagai May Marais.

Bungan Penutup Abad disutradarai Wawan Sofwan.

Sebelum menyaksikan Bunga Penutup Abad ini, penikmat seni dapat bertanya langsung dengan para Happy Salma selaku produser dan pemeran Nyai Ontosoroh melalui live chat yang dapat disaksikan melalui akun Instagram @indonesia_kaya pada 17 April 2020 pukul 17.00 WIB.

Baca juga: Cerita Rio Dewanto Jajal Panggung Teater Monolog

“#NontonTeaterDiRumahAja Ini menjadi solusi bagi para pecinta seni sastra yang senantiasa menyaksikan pementasan-pementasan seni teater yang kami gelar," ujar Happy Salma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com