Banting Setir dari Komedi ke Horor, Ini Alasan Anggy Umbara

Kompas.com - 24/11/2019, 13:00 WIB
Sutradara Anggy Umbara saat promo film Si Manis Jembatan Ancol di Kantor Redaksi Kompas.com, Menara Kompas, Jakarta, Selasa (19/11/2019). Film ini akan tayang di bioskop mulai 26 Desember 2019 mendatang. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOSutradara Anggy Umbara saat promo film Si Manis Jembatan Ancol di Kantor Redaksi Kompas.com, Menara Kompas, Jakarta, Selasa (19/11/2019). Film ini akan tayang di bioskop mulai 26 Desember 2019 mendatang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai ketagihan menggarap film bergenre horor, sutradara Anggy Umbara mengungkapkan alasannya.

Kepada Kompas.com, sutradara film Si Manis Jembatan Ancol ini mengaku bahwa ia merasa tertantang menggarap film horor.

Apalagi, lanjut Anggy, film dengan genre horor di tanah air sudah banyak. Oleh karena itu, ia tertantang untuk mencari sesuatu yang baru.

Baca juga: Garap Si Manis Jembatan Ancol, Anggy Umbara: Bikin Komedi Itu Susah

“Horor itukan punya treatment sendiri bagaimana cara bikin orang membayangkan apa yang akan terjadi. Nge-build ketegangannya. Itu yang harus saya pelajarin musti ekstra dibanding komedi atau drama,” kata Anggy Umbara saat bertandang ke Menara Kompas, Jakarta, awal pekan ini.

“Sudah begitu, banyak film horor rata-rata sudah dilakukan semua. Nah itu kita musti mencari apa lagi yang belum. Jadi semakin tertantang,” lanjut Anggy.

Selain itu, Anggy mengungkapkan menentukan tema dalam film horor sedikit sulit.

Baca juga: Ozy Syahputra Beberkan Alasan Si Manis Jembatan Ancol Jadi Hantu Seksi

Sebab, ia harus menentukan tema yang cocok dengan kehidupan sehari-hari dari penonton Indonesia dan tidak menutup kemungkinan penonton asing.

“Kalau horor, dari temanya harus ada relate-nya dengan penontonnya. Nah ini yang cari selanya agak susah. Karena, kalau misalnya film genderuwo, orang luar nggak akan relate,” ungkap Anggy.

Kemudian, yang paling terpenting bagi Anggy Umbara dalam membuat film horor adalah cerita yang kuat.

Baca juga: Dapat Peran Baru dalam Si Manis Jembatan Ancol 2019, Ozy Syahputra Galau

Menurut Anggy, cerita yang kuat mampu mendorong terciptanya kengerian dalam sebuah film horor.

“Sebagus apapun bikin jump scared kalau story-nya nggak kuat, ya nggak ada rasanya. Jadi, film horor itu tricky banget. Beda banget treatment-nya bikin komedi atau drama,” kata Anggy.

Diketahui, Anggy Umbara merupakan sutradara dari tiga film horor, yakni Suzzanna: Bernapas dalam Kubur (2018), Satu Suro (2019), dan Si Manis Jembatan Ancol (2019).

Baca juga: Ternyata, Suami Inul Daratista Jadi Inspirasi Arifin Putra Punya Kumis

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X