Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Spotify, Apple Music, dan YouTube Dukung Aksi Protes Atas Kematian George Floyd

Aksi Blackout Tuesday adalah aksi protes insan musik atas kematian George Floyd akibat kekerasan polisi dan rasisme di Amerika Serikat.

Nantinya, Spotify, Apple Music, Amazon Music, dan YouTube Music bakal mendukung Blackout Tuesday dengan menerapkan daftar putar khusus, saat hening dan pemadaman media sosial.

Spotify akan menambahkan waktu hening selama 8 menit 46 detik untuk memilih daftar putar dan podcast di platform mereka.

“2 Juni adalah Blackout Tuesday, hari pemutusan kolektif dari pekerjaan yang dimaksudkan untuk membantu orang-orang berefleksi dan bersatu mendukung komunitas masyarakat kulit hitam," tulis Spotify dalam sebuah posting blog.

Durasi hening itu sama dengan jumlah waktu ketika mantan perwira polisi Minneapolis Derek Chauvin menindih leher Floyd dengan lututnya, yang mengakibatkan kematian Floyd.

"Pada hari ini dan setiap hari, Spotify akan mendukung karyawan, teman, mitra, artis, dan pencipta kami dalam perang melawan rasisme, ketidakadilan, dan ketidakadilan," tulis Spotify. 

“Kami menggunakan kekuatan platform kami untuk berdiri dengan pencipta lagu dari seniman kulit hitam, memperkuat suara mereka, dan mempercepat percakapan yang bermakna dan perubahan yang sangat dibutuhkan. Akibatnya, Anda akan melihat beberapa perubahan di Spotify mulai pukul 12:01 (waktu setempat) pada hari Selasa," tambah keterangan Spotify.

Selain menghentikan sementara semua publikasi media sosial, Spotify mengatakan akan mengganti judul utama podcast dan gambar daftar putar serta logo dengan gambar yang gelap.

Kemudian, bakal lebih mempromosikan artis kulit hitam dan podcaster dengan daftar putar yang dikuratori khusus dan berdasarkan riwayat musisi kulit hitam saat ini.

Sementara itu, program radio Beats 1 reguler Apple Music telah dibatalkan. Sebaliknya, mempromosikan stasiun streaming yang merayakan musik yang diproduksi oleh seniman kulit hitam.

Rekomendasi reguler dan tab radio menunjukkan daftar putar tunggal yang disebut "Untuk Kami, Oleh Kami".

Ada juga pengambilalihan satu halaman penuh yang diperlihatkan kepada beberapa pengguna, menampilkan pesan dukungan untuk gerakan protes tersebut.

Namun, pengguna masih dapat mengakses perpustakaan musik mereka dan katalog Apple Music seperti biasa.

Amazon Music juga menyatakan untuk mendukung gerakan Blackout Tuesday dengan akan menghentikan semua media sosial untuk hari itu.

YouTube Music mengeluarkan tweet dukungan dari akun resminya. YouTube sebelumnya berjanji untuk menyumbangkan 1 juta dollar ke Center for Policing Equity.

Sejumlah label rekaman juga berpartisipasi dalam aksi Blackout Tuesday setelah ajakan untuk bertindak dari kepala marketing Atlanta Records Jamila Thomas dan mantan karyawan Atlantik Brianna Agyemang yang dimulai dengan tagar #TheShowMustBePaused.

ViacomCBS juga berpartisipasi dalam blackout tuesday selama 8 menit 46 detik di seluruh jaringan dan saluran kabelnya mulai pukul 17:00 waktu setempat, pada hari Senin (1/6/2020).

https://www.kompas.com/hype/read/2020/06/02/224157766/spotify-apple-music-dan-youtube-dukung-aksi-protes-atas-kematian-george

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke