Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/02/2024, 07:16 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Den Garden

JAKARTA, KOMPAS.com - Jamur dapat muncul di rumah mana saja dan kapan saja tanpa disadari. Tentu saja, kemunculan jamur di rumah menjadi masalah yang mengganggu.

Tergantung pada jenis dan seberapa luas penyebarannya, jamur juga bisa sangat berbahaya bagi kesehatan, baik untuk manusia maupun hewan peliharaan. 

Baca juga: 6 Cara Mencegah Jamur Muncul di Dalam Kulkas

Baik di kamar mandi, dekat jendela, atau tempat lain di rumah, penting segera mengenali serta membasmi jamur saat Anda menemukannya di ruangan.

Selain itu, melakukan hal-hal yang mencegah timbulnya jamur, seperti mengatur AC dengan benar, memasang ventilasi di kamar mandi, tidak membiarkan genangan air, dan tindakan lainnya.

Tak kalah penting adalah membasmi jamur dari rumah. Dilansir dari Den Garden, Jumat (15/2/2024), berikut enam cara menghilangkan jamur dari rumah.

Dapatkan dan gunakan kit atau perangkat pendeteksi jamur 

Ilustrasi jamur di plafon.Shutterstock/MeSamong Ilustrasi jamur di plafon.
Anda tidak dapat menghilangkan jamur jika  tidak mengetahuinya. Terkadang, Anda dapat mendeteksi jamur berdasarkan bau atau penampilannya.

Namun, jamur tidak selalu dapat dideteksi dengan cara itu. Faktanya, setelah melihat atau mencium bau jamur, sering kali jamur tersebut sudah ada jauh sebelum Anda menyadarinya.

Jika mencurigai adanya jamur di ruangan, tetapi tidak dapat melihat atau menciumnya, terutama jika merasa mengalami masalah kesehatan yang terkait dengannya, Anda perlu menghubungi profesional pembasmi jamur atau membeli alat pendeteksi jamur untuk memulai. 

Baca juga: Catat, Begini Cara Mencegah Jamur di Karpet

Gunakan semprotan jamur 

Selanjutnya, cara menghilangkan jamur dari rumah adalah menggunakan semprotan jamur. Semprotan ini bisa digunakan untuk permukaan dalam dan luar ruangan. 

Anda dapat menyemprotkannya untuk membunuh dan menghilangkan jamur, tetapi ini juga dimaksudkan untuk mencegah lebih banyak penumpukan jamur setelah selesai menghilangkannya. 

Tuangkan cuka putih murni 

Ilustrasi cuka putih.Shutterstock/Pat_Hastings Ilustrasi cuka putih.
Cuka putih adalah bahan pokok dapur dan pembersih favorit yang dapat digunakan untuk membersihkan secara langsung atau mencampurnya dengan barang lain untuk solusi DIY.

Ini juga terbukti membunuh dan menghilangkan berbagai jenis jamur. Namun, cuka putih tidak membunuh semua jenis jamur.

Jadi, Anda harus memastikan mengetahui jenis jamur yang Anda miliki atau dapat mencoba cuka putih tanpa mengetahui serta memantaunya guna memastikan jamur tidak kembali.

“Bahan pokok rumah tangga sederhana ini dapat membunuh lebih dari 80 persen spesies jamur, termasuk jamur hitam yang berbahaya,” catat waralaba layanan kebersihan perumahan, Merry Maids.

Faktanya, cuka putih lebih efektif daripada pemutih, yang hanya membunuh jamur di permukaan dan benar-benar dapat menimbulkan masalah lebih buruk.  

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com