Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Memilih Warna Cat untuk Rumah Berkonsep Terbuka

Kompas.com - 27/01/2024, 09:25 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsep terbuka atau denah terbuka adalah salah satu desain rumah yang banyak digunakan, terlebih di rumah berukuran kecil, seperti apartemen. 

Gaya konsep terbuka meminimalkan pemisahan serta menggabungkan ruang-ruang umum, seperti ruang keluarga, ruang makan, dan dapur, sehingga membuat rumah terlihat lebih besar serta luas. 

Baca juga: Tips Menata Dapur Terbuka agar Lebih Cantik dan Nyaman

Desain arsitekturnya mempromosikan ruang yang terlihat lebih besar, aliran lebih baik, lebih banyak cahaya alami, dan maksimalisasi ruangan.

Namun, memilih warna cat untuk rumah berkonsep terbuka sering kali menimbulkan teka-teki. Padahal, para ahli warna mengatakan warna dapat membangkitkan emosi tertentu.

Akan tetapi dengan keterbatasan dinding untuk digunakan, denah lantai terbuka tidak memberikan banyak peluang untuk mengekspresikan sentimen tersebut.

Jadi, kami meminta saran desain dari para ahli untuk membantu Anda menambahkan warna pada denah lantai terbuka. 

Dikutip dari My Domaine, Sabtu (27/1/2024), berikut sejumlah cara memilih warna cat untuk rumah berkonsep terbuka.  

Baca juga: Jangan Simpan 6 Barang Ini di Rak Dapur Terbuka, Kenapa?

Jadikan dinding kanvas netral

Ilustrasi rumah dengan denah lantai terbuka atau rumah berkonsep terbuka.Shutterstock/Sheila Say Ilustrasi rumah dengan denah lantai terbuka atau rumah berkonsep terbuka.
Lynne Tocchet, Direktur Desain Interior di Pacaso, mengatakan warna cat lembut dan netral yang memiliki kemampuan bunglon dengan lingkungan sekitarnya adalah pilihan terbaik untuk rumah berkonsep terbuka, terutama warna abu-abu terang.

"Saya suka memilih warna yang tidak mengganggu interior dan akan memberikan latar belakang berdimensi lembut," katanya. 

Pertimbangkan nada dasar

Selanjutnya, cara memilih warna cat untuk rumah berkonsep terbuka adalah mempertimbangkan warna dasar.

"Nada warna cat sama pentingnya dengan warna itu sendiri. Warna cream yang terlalu hangat akan terasa kuning dan suram, sama dengan abu-abu yang terlalu sejuk akan terasa dingin dan suram," ucapnya.  

\Baca juga: 5 Keuntungan Menerapkan Denah Lantai Terbuka di Rumah

Bawakan dramanya 

Kellie Burke, pemilik dan Kepala Kellie Burke Interiors, mengatakan menyukai menggunakan warna-warna dramatis, seperti kobalt atau coklat coklat.

Warna favorit saya adalah Champion Cobalt dan Bittersweet Chocolate dari Benjamin Moore. Untuk menambah daya tarik, sertakan trim dengan warna yang menyenangkan dan kontras atau perluas warna dinding ke trim untuk tampilan yang mulus. 

Ganti penempatannya

Ilustrasi rumah dengan denah lantai terbuka atau rumah berkonsep terbuka.Shutterstock/BM_27 Ilustrasi rumah dengan denah lantai terbuka atau rumah berkonsep terbuka.
Cara memilih warna cat untuk rumah berkonsep terbuka adalah mengganti penempatannya.

Untuk meningkatkan pekerjaan cat Anda, Kellie menyarankan mengambil tiga warna netral dalam skema dan bergantian pada trim, dinding, dan plafon guna mengoordinasikan, tetapi memisahkan zona dalam denah lantai terbuka.  

Baca juga: 6 Tips Memaksimalkan Ruang Penyimpanan di Dapur dengan Rak Terbuka

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com