Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Area yang Menjadi Perhatian Tamu Ketika Berkunjung ke Rumah

Kompas.com - 20/11/2023, 08:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Entah Anda mengadakan acara besar atau mengundang beberapa teman untuk makan malam, kondisi rumah akan menjadi perhatian utama tamu

Hal ini terutama berlaku jika Anda bukan orang yang suka merapikan rumah atau tinggal bersama orang lain yang sulit untuk menjaga kerapian. 

Baca juga: Catat, Ini Benda yang Bikin Meja di Samping Tempat Tidur Berantakan

Saat memprioritaskan ruang mana yang harus dibersihkan sebelum tamu datang, mungkin akan sangat membantu mengetahui kekacauan yang paling menonjol bagi para tamu.

Jika waktu persiapan terbatas sebelum tamu tiba, Anda pasti ingin mengatasi kekacauan terbesar. Namun, masalahnya adalah mencari tahu kekacauan mana yang paling menonjol bagi tamu Anda.

Para ahli perencanaan atau organisator membagikan area mana yang harus mendapatkan penyegaran sebelum tamu datang berkunjung. 

Nah, dilansir dari The Spruce, Senin (20/11/2023), berikut lima area yang menjadi perhatian tamu ketika berkunjung ke rumah.  

Baca juga: Bikin Berantakan, Ini 6 Barang yang Harus Disingkirkan dari Meja Dapur

Tumpukan kecil kekacauan

Ilustrasi buku tertua di dunia.Unsplash/Chris Lawton Ilustrasi buku tertua di dunia.
Kekacauan kecil bukan masalah besar bagi pemilik rumah. Namun, Meredith Goforth, organisator profesional dan pendiri House of Prim,mengatakan sebaliknya.

Kemungkinan besar para tamu akan segera menyadari tumpukan kecil kekacauan yang cenderung Anda abaikan.

"Kita terbiasa dengan kekacauan di area tertentu di rumah, seperti tumpukan sepatu di dekat pintu, tumpukan surat di atas meja, atau bulu hewan peliharaan yang selalu menempel di sofa," kata Goforth. 

Padahal, ia memperingatkan bahwa inilah kekacauan yang harus ditangani terlebih dahulu. Hal-hal inilah yang akan terlihat paling menonjol bagi para tamu, yang memasuki rumah Anda dengan mata segar. 

Baca juga: 6 Warna Cat Dinding Ruang Tamu yang Menenangkan, Ciptakan Kenyamanan

Kamar mandi yang butuh perhatian

Selanjutnya, area yang menjadi perhatian tamu ketika berkunjung ke rumah adalah kamar mandi. Kamar mandi yang kotor dan berantakan menjadi perhatian para tamu. 

"Untuk memberikan perhatian lebih, saya juga suka menata lemari kamar mandi dengan apa pun yang mungkin dicari tamu, seperti pereda nyeri, obat kumur, atau produk kebersihan kewanitaan," kata Goforth. 

Eksterior dan pintu masuk yang terlupakan

Ilustrasi pintu masuk rumah atau foyer.Shutterstock/Sheila Say Ilustrasi pintu masuk rumah atau foyer.
Sangat mudah terlena dengan interior yang bersih, tapi Goforth mengingatkan bahwa eksterior dan pintu masuk depan adalah kesan pertama rumah Anda sehingga tidak boleh lupa menjaganya tetap rapi dan segar.

"Tambahkan dekorasi musiman dan keset bersih. Singkirkan mainan anak-anak atau tanaman mati," kata Goforth, yang juga menyarankanmenyapu anak tangga depan sebagai sentuhan bagus untuk kesan pertama yang rapi.

Imane Fiocchi, pendiri perusahaan perencanaan acara Neon Lace, mencatat ada dua penyebab utama yang sering mempengaruhi pintu masuk, sepatu dan bungkusan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com