Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/10/2023, 12:29 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comKucing ternyata tidak memiliki kemampuan mengendus yang baik dibandingkan dengan hewan lain. Akan tetapi, indra penciuman kucing diketahui lebih kuat dibandingkan manusia.

Dr. Marci Koski, konsultan perilaku dan pelatihan kucing bersertifikat di Vancouver, Washington mengatakan bahwa indra penciuman kucing dapat membantu mereka merasa lebih aman.

Selain itu, indra penciuman juga bisa membantu mendeteksi predator atau bahaya, menemukan makanan, menemukan pasangan, dan membedakan kucing yang dikenal dengan kucing asing.

Baca juga: Catat, 10 Aroma yang Tidak Disukai Kucing

Beberapa aroma seperti tanaman catnip mampu menarik perhatian kucing. Namun, ada juga aroma yang tidak disukai kucing.

Ilustrasi kucing mengendus sesuatu.Shutterstock/Natali Nekrasova Ilustrasi kucing mengendus sesuatu.

Dilansir dari Great Pet Care, Senin (23/10/2023), berikut ini beberapa bau yang tidak disukai kucing.

Minyak atsiri

Aroma minyak atsiri memang menenangkan, namun ternyata kucing tidak menyukai aroma ini. Sebab, paparan minyak esensial sebagian besar beracun bagi kucing karena mengandung senyawa berbahaya.

Maka dari itu, kucing sangat menghindari minyak esensial agar tidak keracunan. Oleh karena itu, jika memiliki kucing di murah, sebaiknya matikan diffuser dan tempatkan kucing di area yang udaranya segar saat Anda melihat hidung kucing berair, mengeluarkan air liur, sulit bernapas, dan batuk.

Baca juga: Catat, Ini 12 Aroma yang Tidak Disukai Kucing

Buah jeruk

Selain minyak atsiri, aroma buah jeruk juga tidak disukai kucing. Sebab, aroma minyak dari buah jeruk bersifat racun.

Maka dari itu, terkadang banyak pemilih kebun atau tanaman menyebar kulit jeruk di sekitar tamannya agar tidak ada kucing liar yang mendekat.

Aroma cabai yang pedas

Aroma dari cabai yang pedas juga tidak disukai kucing. Aroma cabai bisa dimanfaatkan untuk mencegah kucing mengambil makanan milik Anda. Maka dari itu, cabai sering dimanfaatkan sebagai obat pengusir kucing.

Beberapa jenis tanaman

Tanaman hijau akan membuat rumah lebih asri. Namun, jika Anda memiliki kucing peliharaan di rumah, sebaiknya selektif dalam memilih tanaman yang akan dibudidayakan.

Baca juga: Catat, Ini Hal yang Tidak Disukai Kucing

Sebab, ada beberapa jenis tanaman yang aromanya tidak disukai kucing. Misalnya, lavender, marigold, pennyroyal, coleus canina, dan lemon thyme.

Cuka

Aroma yang tidak disukai kucing lainnya yaitu cuka. Meski aman, aroma menyengat dari cuka ternyata kurang disukai kucing.

Ilustrasi kucingiStockphoto/Choochart Choochaikupt Ilustrasi kucing

Bahkan, apabila Anda membersihkan urine kucing menggunakan cuka, maka kucing biasanya akan buang air di tempat yang sudah dibersihkan sebagai upaya untuk menutupi aroma cuka yang menyengat.

Kopi bubuk

Kita mungkin menyukai aroma kopi yang menangkan. Namun, tahukah Anda kalau ternyata kucing tidak menyukai aroma kopi.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini 7 Hal yang Tidak Disukai Kucing

Koski mengatakan bahwa alasan kucing tidak menyukai aroma kopi yaitu karena ada kandungan kafein yang beracun bagi kucing.

Kotak kotoran yang tidak pernah dibersihkan

Kucing termasuk hewan yang suka kebersihan. Maka dari itu, mereka tidak menyukai aroma dari kotak kotoran yang jarang dibersihkan.

Apabila kucing Anda sensitif dengan aroma kotoranya sendiri, maka sangat dianjurkan untuk membersihkan kotak kotoran kucing dengan rutin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com