Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/10/2023, 14:11 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur atau ruang makan tanpa camilan akan terasa kosong dan membosankan. Namun, camilan beserta kemasannya yang banyak dapat membuat dapur atau ruang makan terlihat berantakan.

Walau sering diabaikan, Anda perlu menata camilan agar tetap rapi dan terorganisir. Selain itu, penataan yang tepat bisa membantu kualitas dari camilan tetap segar lebih lama.

Karena itu, penting memperhatikan cara menyimpan camilan di rumah dengan baik dan benar. Dilansir dari Homes and Gardens, Selasa (10/10/2023), berikut lima cara menyimpan camilan di rumah. 

Baca juga: 5 Tren Kitchen Set yang Bikin Dapur Tampak Ketinggalan Zaman

Gunakan wadah akrilik bening 

Ilustrasi camilan biskuet.Shutterstock/Cholifahcho2 Ilustrasi camilan biskuet.
Wadah akrilik bening merupakan salah satu barang favorit para profesional penataan dapur dan pilihan penghuni rumah karena sangat cocok menyimpan camilan. 

Robyn Reynolds, pemilik dan CEO Organize2Harmonize—pengorganisasian rumah profesional asal Amerika Serikat (AS)—menyarankan menggunakan wadah untuk menyimpan camilan sehingga membuat dapur atau ruang makan terlihat lebih rapi serta terorganisir.

Reynolds juga mengatakan wadah akrilik dapat membantu menghemat ruang di kulkas. Jadi, Anda dapat menyimpan barang-barang, seperti kantong makanan penutup, kaleng minuman, dan kotak jus dalam wadah ini. 

Baca juga: Catat, 6 Wadah Makanan Ini Tidak Boleh Dimasukkan ke Microwave

Gunakan lazy Susan

Selanjutnya, cara menyimpan camilan di rumah adalah menggunakan Lazy Susan. Lazy Susan kerap dikenal sebagai meja atau papan putar di restoran Chinese food sudah menjadi pilihan umum untuk menata ruang makan.

Caroline Warren, pendiri The Clutter Whisperers—pengorganisasian rumah profesional asal AS—mengatakan meja atau papan penyimpanan praktis ini membantu menjaga camilan tetap tertampung dan dipajang tanpa terlihat berantakan.

Anda dapat mengeluarkan camilan dari kemasannya dengan meletakkannya di stoples atau wadah tertutup dan susun dengan rapi di lazy Susan atau meja putar ini.

Hal ini membuatnya lebih mudah diakses dan dapat mengetahui dengan cepat kapam perlu mengisi ulang. 

Baca juga: 5 Cara Mengatur Dapur agar Tetap Terorganisir dan Fungsional

Gunakan kemasan asli untuk menampilkan stok

Laura Leist, pendiri Eliminate Chaos—spesialis pengorganisasian rumah dan kantor asal AS—mengatakan jika ingin menata dapur tanpa mengeluarkan anggaran sepeser pun, Anda dapat menggunakan kemasan asli dari camilan tersebut.

Cukup sobek bagian atas atau penutup kemasan camilan dan letakkan di rak terbuka. Cara ini akan membuat dapur atau ruang makan terlihat lebih rapi serta membantu Anda dengan mudah melihat stok camilan.

Kelompokkan berdasarkan jenis

Ilustrasi camilan kacang-kacangan.Shutterstock/Diana Taliun Ilustrasi camilan kacang-kacangan.
Mary Jo Contello, Pendiri Organized by MJ—jasa pengorganisasian profesional asal AS—mengatakan cara menyimpab camilan di rumah adalah mengelompokkan berdasarkan jenisnya.

Camilan dapat disimpan dengan cara sangat fungsional dan mudah dengan menyediakan tempat untuk camilan tertentu, seperti tempat untuk camilan manis, asin, batangan, dan keripik.  

Baca juga: 4 Cara Mengubah Tampilan Dapur tanpa Merombaknya.

Gunakan kotak kedap udara

Terakhir, cara menyimpan camilan di rumah adalah memakai kotak kedap udara. Jika tidak suka menghabiskan camilan sekaligus, menggunakan wadah kedap udara bisa menjadi solusi bagus.

Millie Hurst, Editor di Homes & Gardens, mengatakan kotak kedap udara ini bisa membantu menjaga camilan yang dibuka tetap segar dan lebih tahan lama. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com