Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Mengubah Tampilan Dapur tanpa Merombaknya.

Kompas.com - 30/09/2023, 10:24 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur lebih dari sekadar tempat memasak dan menyiapkan makanan. Dapur adalah jantung dari sebuah rumah, tempat keluarga dan teman berkumpul serta menciptakan kenangan.

Maka itu, dapur juga perlu mendapat "suntikan" dalam hal desain dan dekorasi. Memberikan sedikit sentuhan ekstra pada dapur dapat memberikan energi baru bagi rumah.  

Baca juga: 6 Cara Mengoptimalkan Ruang Mati di Dapur, Apa Itu?

Namun, mengubah tampilan dapur bisa membutuhkan biaya mahal. Jika ingin merombak dapur, tetap taku dengan biaya renovasi, jangan khawatir. 

Perombakan dapur yang drastis masih bisa dilakukan dengan anggaran terbatas. Anda hanya perlu sedikit berkreasi. 

Apabila struktur dapur sudah kokoh, jangan mengorbankannya begitu saja untuk merenovasi dapur karena sering kali ini menjadi bagian paling mahal.

Percayalah, fokus pada elemen yang lebih dangkal dapat memberikan hasil lebih baik dari yang Anda kira. 

Dikutip dari Homes to Love, Sabtu (30/9/2023), berikut cara mengubah tampilan dapur tanpa merombaknya

Baca juga: 7 Material Kitchen Set yang Membuat Tampilan Dapur Lebih Cantik

Gunakan kembali atau merombak kabinet dapur 

Ilustrasi lemari dapur.Shutterstock/Serghei Starus Ilustrasi lemari dapur.
Mengganti pintu dan laci kabinet dapat merombak dapur dengan biaya jauh lebih murah daripada renovasi atau merombak total.

Pilih warna berani untuk membuat pernyataan atau cukup ganti perangkat kerasnya untuk penyegaran yang kecil, tetapi nyata.

Terkadang, lemari bisa terasa seperti sesuatu yang tidak diperlukan. Sering kali berukuran besar dan menghabiskan banyak ruang di dapur, tapi tetap menjadi salah satu elemen penting dalam ruangan.

Salah satu aspek yang bisa dipertimbangkan untuk diubah adalah pintunya. Sebaliknya, hilangkan saja pintunya sama sekali. Pertimbangkan solusi rak terbuka.  

Baca juga: 6 Peralatan Dapur yang Paling Mudah Dibersihkan, Apa Saja?

Mengecat ulang 

Selanjutnya, cara mengubah tampilan dapur tanpa merombaknya adalah mengecat ulang dinding. Jika Anda seorang minimalis, pilih warna netral yang menambah kehangatan pada dapur. 

Apabila mencari sedikit warna, cobalah warna sand-orange untuk nuansa yang terinspirasi dari Mediterania. 

Ganti pencahayaan 

Ilustrasi dapur farmhouse modern.Shutterstock/Sheila Say Ilustrasi dapur farmhouse modern.
Pencahayaan dapat membuat perbedaan terbesar di rumah, termasuk dapur. Pencahayaan dapat menjadi cara mengubah tampilan dapur tanpa merombaknya. 

Buanglah lampu "besar" yang steril dan dingin. Berinvestasilah pada beberapa lampu bergaya, lampu gantung atau liontin gantung untuk menciptakan suasana ramah serta menyegarkan. 

Baca juga: 3 Aroma yang Dapat Menghilangkan Bau di Dapur Kecil

Segarkan bagian atas meja dapur, splashback, dan kitchen island 

Terakhir, cara mengubah tampilan dapur tanpa merombaknya adalah menyegarkan bagian atas meja dapur, splashback, dan kitchen island

Marmer adalah investasi abadi dan kuat yang dapat dibuat khusus agar sesuai dengan estetika dapur apa pun.

Sedangkan untuk splashback, meski ini adalah salah satu area terkecil di dapur (secara umum), menambahkan beberapa kepribadian padanya dapat membuat perbedaan signifikan pada nuansa dapur.

Pilihlah tampilan cermin untuk membuat dapur terasa lebih besar atau selami dunia ubin yang indah untuk menemukan yang paling sesuai untuk dapur. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com