Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Kamar dengan Cepat dan Efektif

Kompas.com - 17/06/2023, 18:49 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi banyak orang, kamar tidur adalah tempat perlindungan utama di rumah mereka, ruang yang lebih pribadi dan personal untuk tidur serta beristirhat dengan tenang.

Kamar tidur mungkin tidak terlalu sering dilalui orang, seperti bagian lain di rumah. Namun, bukan berarti kamar tidur tidak perlu dibersihkan secara teratur. 

Baca juga: 5 Cara Membuat Kamar Tidur Lebih Nyaman dan Menarik

Bagaimanapun juga kamar tidur adalah tempat Anda menghirup udara dalam ruangan untuk jangka waktu paling lama setiap harinya.

Kamar tidur dapat menarik debu lebih banyak dari ruangan lain di rumah . Ditambah, kekacauan dari buku, majalah, camilan larut malam atau apa pun yang Anda bawa ke kamar tidur juga menciptakan tempat yang kurang santai serta kotor.

Maka itu, membersihkan kamar tidur penting dilakukan. Dilansir dari How Stuff Works, Sabtu (17/6/2023), berikut beberapa cara membersihkan kamar tidur dengan cepat dan efektif. 

Baca juga: 6 Cara Membuat Kamar Tidur Bergaya Skandinavia yang Nyaman dan Cantik

Cara membersihkan kamar tidur dengan cepat

Ilustrasi kamar tidur dengan balok kayu pada plafon.Shutterstock/Justin_Krug Ilustrasi kamar tidur dengan balok kayu pada plafon.
Membersihkan kamar tidur yang berantakan bisa tampak seperti tugas menakutkan. Namun, jika Anda menyiapkan rencana sederhana, dapat membersihkan kamar tidur secara menyeluruh dalam waktu singkat.

Kaji kamar tidur dan waktu yang diperlukan untuk benar-benar terlibat dalam prosesnya. Berikut ini cara membersihkan kamar tidur dengan cepat dan efektif. 

1. Bawa kantong sampah dan pungut sampah di sekitar kamar tidur. Menyingkirkan sampah akan memastikan Anda terhindar dari tumpahan atau mengotori seprai saat membersihkan.

2. Rawatlah tempat tidur. Tempat tidur yang rapi dengan selimut halus dan bantal rapi akan memberikan kesan baik untuk seluruh ruangan. 

Baca juga: 8 Ide Desain Kamar Tidur Anak Laki-laki yang Menarik dan Menyenangkan

Jika memiliki waktu mengganti seprai, lakukan terlebih dahulu. Jika tidak, goyangkan selimut di atas lantai untuk menyegarkannya, lalu rapikan tempat tidur.

3. Selanjutnya, cara membersihkan kamar tidur dengan cepat adalah meletakkan barang yang berantakan pada tempatnya.

Rapikan barang-barang di atas meja, seperti lampu dan pernak-pernik, dan kembalikan barang-barang dapur ke tempatnya.

Letakkan pakaian di tempat cucian atau buat tumpukan di lemari untuk dilipat nanti. Jika  memiliki barang-barang dari ruangan lain yang tergeletak di sekitar, buatlah tumpukan sortir yang bisa Anda keluarkan dan bereskan nanti. 

4; Bersihkan furnitur dengan tisu debu mikrofiber. Kain mikrofiber yang sudah dipotong dan dilipat sangat cocok untuk membersihkan debu pada furnitur, TV, rak buku, dan bingkai foto. 

Baca juga: Hindari, Ini 5 Kesalahan dalam Menata Furnitur di Kamar Tidur

Ilustrasi kamar tidur.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi kamar tidur.
5. Terakhir, cara membersihkan kamar tidur dengan cepat adalah menyedot atau menyapu lantai. Ini adalah langkah penting karena banyak debu dan remah-remah yang mengendap di sini. Jika Anda punya lebih banyak waktu, lakukan putaran kedua.

Untuk membuat konsisten, mulailah dari salah satu sudut ruangan dan kelilingilah dengan satu arah.

Jika bergerak tanpa tujuan, Anda bisa kehilangan fokus. Selain itu, cobalah mengerjakan satu tugas dalam satu waktu daripada mengerjakan beberapa tugas sekaligus.

Apabila tidak punya waktu menyedot debu atau membersihkan kerai dan Anda tetap mencobanya, ini tidak akan menyelesaikan pekerjaan membersihkan kamar tidur dengan baik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com