Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hal yang Boleh dan Tidak Dilakukan Saat Mencuci Pakaian dengan Tangan

Kompas.com - 08/06/2023, 09:37 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seblum kemunculan mesin cuci, dahulu mencuci pakaian dilakukan menggunakan tangan dan papa penggilasan. 

Tentu saja, hal ini membuat tugas mencuci pakaian terasa berat, melelahkan, dan menghabiskan waktu. Tak heran, jika orang-orang takut dan enggan melakukan tugas rumah tangga ini.  

Baca juga: Cara Mencuci Pakaian Dalam yang Benar agar Bebas Kuman

Untungnya, sekarang kita memiliki mesin cuci pakaian yang membuat mencuci pakaian lebih ringan, mudah, serta cepat.

Akan tetapi, ada beberapa pakaian dan kain yang tidak bisa dicuci dengan mesin cuci sehingga mengharuskan mencuci pakaian dengan tangan atau tenaga kerja manual.

Biasanya, pakaian yang lebih halus dan mahal membutuhkan pencucian dengan tangan. Ada pula beberapa petunjuk dari pakaian itu sendiri yang mengharuskan mencuci pakaian dengan tangan.

Namun, sebelum memulai mencuci pakaian dengan tangan, ada beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan seperti dikutip dari How Stuff Works, Kamis (6/8/2023).  

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Daya Mencuci Pakaian agar Lebih Bersih dan Harum

Hindari menggosok dengan kuat 

Ilustrasi mencuci pakaian dengan tangan.Shutterstock/birdbyb stockphoto Ilustrasi mencuci pakaian dengan tangan.

Mencuci pakaian dengan tangan dan mesin cuci pada siklus lembut pun berbeda. Goyangan pada siklus lembut dapat meregangkan, menjerat, atau menarik kain.

Mesin cuci bukaan depan akan memiliki agitasi lebih sedikit, tetapi bagaimanapun juga mencuci pakaian dengan tangan tidak sama dengan siklus lembut.

Jadi, hindari menggosok pakaian dengan kuat saat mencuci pakaian dengan tangan. 

Baca label pakaian 

Jika label pakaian bertuliskan "hanya untuk cuci kering", lanjutkan dengan hati-hati. Ini mungkin berarti air akan merusak kain tersebut atau agitasi yang buruk bagi pakaian tersebut.

Apabila Anda memutuskan mencuci pakaian dengan tangan, Anda mengambil risiko. Jadi, jika pakaian atau kain tersebut tidak tergantikan atau mahal, putuskan apakah itu sepadan. 

Baca juga: Seberapa Sering Harus Mencuci Bra? Ini Kata Ahli

Kenali kain 

Kandidat yang baik untuk dicuci dengan tangan biasanya adalah warna-warna solid, kasmir, beberapa sutra, dan beberapa wol.

Kain, seperti beludru atau taffeta, lebih baik diserahkan pada dry cleaning. Contohnya adalah sutra Dupioni, sutra yang ditenun dari dua ulat sutra berbeda. Dengan pencucian, Dupioni akan menyusut serta kehilangan kekakuan dan kemilau. 

Baca juga: 4 Kesalahan Mencuci Pakaian yang Bikin Mesin Cuci Cepat Rusak

Tidak dengan kain berat 

Meski merupakan solusi baik saat bepergian, mencuci pakaian dengan tangan tidak bekerja bagus pada barang-barang berat, seperti handuk atau celana jeans.

Membilas saja akan menggunakan lebih banyak air daripada mesin. Simpanlah untuk "barang yang tidak terlalu banyak" atau beberapa barang sekaligus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com