Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menggunakan Rotan untuk Dekorasi Rumah, Tak Hanya Furnitur

Kompas.com - 15/05/2023, 15:33 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rotan dan anyaman adalah salah satu bahan alami paling populer yang telah menjadi daya tarik di semua jenis desain interior selama beberapa tahun terakhir.

Selain sebagai pilihan yang berkelanjutan, pilihan material ini memberikan estetika yang elegan di rumah dan tidak menunjukkan tanda-tanda akan mereda dalam waktu dekat. Di samping itu, rotan adalah salah satu bahan yang paling mudah diakses dan terjangkau untuk mewujudkan suasana santai di rumah.

Disha Bhavsar dan Shivani Ajmera, Principal Designers and Co-Founders, Quirk Studio, sebuah firma desain interior yang berbasis di Mumbai, India menjelaskan beberapa cara mudah untuk menggunakan rotan dalam dekorasi rumah, dikutip dari Femina India, Senin (14/5/2023).

Baca juga: 6 Ide Menghadirkan Dekorasi Rotan di Rumah

Ilustrasi tempat tidur rotan. SHUTTERSTOCK/BRIZMAKER Ilustrasi tempat tidur rotan.

1. Furnitur

Rotan adalah salah satu bahan trendi yang telah lama menjadi bagian dari furnitur. Karena daya tahan dan sifat perawatannya yang rendah, itu adalah pilihan yang jelas untuk perabot luar ruangan.

Namun, secara bertahap, karena batas antara bagian dalam dan luar menjadi kabur, rotan telah menjadi bagian yang menonjol dalam desain ruangan, digunakan dalam furnitur seperti kursi santai, meja tengah, sofa, meja konsol, dan bahkan unit penyimpanan.

2. Sandaran kepala dan panel tempat tidur

Salah satu elemen paling menyenangkan di kamar tidur, di mana banyak yang bisa dieksplorasi, adalah sandaran kepala dan panel di belakang tempat tidur.

Meskipun ada banyak bahan yang tersedia, rotan menjadi pilihan populer bagi mereka. Ini memberikan tekstur alami yang indah, yang dapat menjadi eksperimental sesuai dengan pola tenun, ditonjolkan oleh warna hangat yang melengkapi semua jenis dekorasi.

Baca juga: Cara Merawat dan Membersihkan Kursi Rotan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com