Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/03/2023, 10:13 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rotan merupakan salah satu material furnitur yang banyak menjadi pilihan. Dengan karakteristiknya yang alami, tradisional, dan unik, furnitur rotan dapat menjadi bagian dari dekorasi rumah.

Kursi rotan banyak digemari karena materialnya yang kuat, ringan, dan awet. Meski demikian, kursi rotan tetap memerlukan perawatan. 

Dilansir dari The Garden Granny, Jumat (24/3/2023), berikut cara mudah merawat dan membersihkan kursi rotan.

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Rumah dengan Rotan untuk Tampilan Natural

Bersihkan dengan vacuum cleaner

Ilustrasi kursi rotan.Shutterstock/Byjeng Ilustrasi kursi rotan.
Kursi rotan sebagian besar terbuat dari bentuk anyaman. Anyaman memiliki rongga yang dapat kotor karena debu atau partikel kecil lainnya.

Jika terlalu banyak debu yang menempel, kursi rotan akan terlihat kusam. Gunakan vacuum cleaner untuk mengatasinya dan lakukan dengan hati-hati agar tidak merusak anyaman. 

Baca juga: 10 Hal yang Tidak Boleh Dibersihkan dengan Vacuum Cleaner, Kenapa?

Bersihkan dengan sikat gigi

Selain menggunakan vacuum cleaner, kursi rotan dapat dibersihkan menggunakan sikat gigi. Gunakan sikat berbulu tegak dan halus.

Basahi sikat gigi dengan sedikit air, kemudian gosok secara perlahan kotoran yang menempel pada kursi rotan.

Baca juga: 9 Benda di Rumah yang Bisa Dibersihkan dengan Sikat Gigi Bekas

Rapikan dengan gunting

Seiring waktu, anyaman pada kursi rotan dapat menjadi tidak rapi. Anda dapat merapikannya dengan cara memotong serat rotan yang terkelupas dan merapikannya kembali.

Potong bagian-bagian yang tidak rapi, jangan sampai memotong anyaman sehingga anyaman rotan pada kursi Anda putus. Agar hasilnya lebih rapi, gunakan gunting yang tajam.

Baca juga: Cara Mudah Menajamkan Kembali Gunting yang Sudah Tumpul

Bersihkan dengan detergen

Ilustrasi kursi rotan.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi kursi rotan.
Membersihkan kursi rotan dapat dilakukan dengan menyekanya menggunakan campuran air dan detergen atau sabun cuci piring.

Jika kursi terbuat dari rotan sintetis, Anda bisa menyemprotkan air detergen secara menyeluruh, lalu membilasnya hingga bersih.

Namun, jika menggunakan kursi rotan alami, cukup basahi kain dengan air deterjen untuk mengelap kursi. Pastikan tidak membuat kursi rotan alami terlalu basah.

Keringkan

Setelah membersihkan kursi rotan dengan air, jemurlah kursi di bawah sinar matahari atau mengeringkannya dengan cara diangin-anginkan.

Pastikan kursi rotan benar-benar kering sebelum menggunakannya agar membuatnya tahan lama. 

Baca juga: Cara Menjaga, Memperbaiki, dan Mengembalikan Tampilan Furnitur Rotan

Memoles ulang

Jika menggunakan furnitur atau kursi rotan berbahan alami, sebaiknya rutin memoles ulang. Dengan cara ini, Anda dapat membuatnya tampak seperti baru. Lakukan finishing ulang setidaknya empat sampai lima tahun sekali.

Hindari sinar matahari

Jangan terlalu sering meletakkan furnitur dan kursi rotan di bawah sinar matahari langsung untuk menjaga warna furnitur dan menghindari kerusakan dini.

Hindari juga meletakkan kuris di tempat lembap karena akan mudah berjamur.

Baca juga: Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Furnitur Rotan

Jauhkan dari air

Jauhkan kursi dan furnitur rotan dari air. Rotan merupakan bahan yang dapat menyerap air. Jika membiarkannya terlalu lama terkena air, kursi rotan dapat menjadi keropos dan rusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com