Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Gaya Jendela Terbaik untuk Rumah, Mana Favorit Anda?

Kompas.com - 24/03/2023, 07:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber decor tips

JAKARTA, KOMPAS.com - . Memilih salah satu yang sesuai dengan preferensi pribadi Anda adalah bagian penting dalam menciptakan rumah impian Anda.

Jendela menunjukkan banyak hal tentang gaya sebuah rumah. Jendela berfungsi memberikan cahaya dan udara ke rumah sehingga membuat hunian lebih terang dan desain rumah lebih menonjol. 

Baca juga: Simak, 5 Tips Mudah Membersihkan Kaca Jendela

Ada banyak gaya jendela yang bisa dibilang sama banyaknya dengan rumah-rumah di luar sana. Memilih salah satu gaya jendela yang sesuai dengan preferensi pribadi Anda adalah bagian penting dalam menciptakan rumah impian. 

Tentu saja, gaya jendela yang dipilih harus sesuai dengan desain rumah. Selain itu, harus selalu mengingat ukuran dan struktur rumah, posisi rumah, serta iklim tempat tinggal. 

Jika rumah menghadap ke selatan, pasang beberapa jendela besar untuk memanfaatkan sinar matahari langsung. Usahakan agar tidak ada jendela besar yang menghadap ke utara dan hindari jendela yang menghadap ke barat.

Pertimbangkan juga hubungan antara jendela dan dinding serta jenis yang paling sesuai (daun, geser, lipat, menutup ke bawah, atau memproyeksikan).

Hal lain yang penting dipertimbangkan adalah bahan yang digunakan, di antaranya kayu, aluminium, dan PVC. 

Dikutip dari Decor Tips, Jumat (24/3/2023), berikut sejumlah gaya jendela terbaik untuk rumah. 

Baca juga: 7 Ide Mendekorasi Area di Bawah Jendela Ruang Tamu

Jendela dengan tepi aluminium

Ilustrasi jendela alumium, kusen jendela aluminium.SHUTTERSTOCK/PINGPHUKET Ilustrasi jendela alumium, kusen jendela aluminium.
Jika memiliki rumah modern, ini adalah salah satu gaya jendela paling populer. Jendela ini besar (ideal untuk ruang tamu), mudah dibersihkan, dan Anda bisa mengubahnya menjadi jendela geser atau membiarkannya statis.

Jendela bulat

Anda mungkin berpikir jenis jendela bulat hanya cocok untuk rumah bergaya Mediterania, Arab, atau Kolonial. Namun, kenyataannya jendela bulat juga terlihat bagus di rumah modern.

Jendela bulat akan memberikan pesona berbeda pada fasad. Tidak hanya itu, jendela bulat juga sangat fungsional karena memungkinkan cahaya masuk ke rumah selama beberapa jam setiap harinya.

Hal yang terbaik dari semuanya, Anda dapat menyesuaikan gaya jendela ini sesuai dengan keinginan mengenai bingkai atau bagian yang terbuka. 

Baca juga: 6 Trik Membuat Jendela Tampak Lebih Besar

Bingkai kayu dengan kaca tempered

Bingkai ini cenderung berukuran kecil atau sedang. Orang biasanya menempatkannya di area yang tidak ingin orang lain mengintip seperti kamar mandi. Karena memiliki bingkai kayu, jendela ini terlihat bagus pada fasad batu.

Jendela atap

Ilustrasi loteng rumah. Shutterstock/Daniel Jedzura Ilustrasi loteng rumah.
Jendela di atap diagonal juga bisa berfungsi sebagai dinding. Jendela atap ini bagus untuk loteng rumah, kantor, atau perpustakaan modern.

Misalnya, kamar tidur loteng bisa menggunakan jendela atap. Gaya jendela ini tidak hanya mempercantik ruangan dan memberikan cahaya atau udara masuk, tapi juga bagus untuk menatap bintang-bintang pada malam hari. 

Baca juga: 3 Cara Membuat Lebih Banyak Sinar Matahari Masuk Lewat Jendela

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com