Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Noda Lilin pada Sejumlah Permukaan

Kompas.com - 21/04/2023, 19:41 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lilin tak hanya berguna menerangi ruangan saat listrik padam, tapi juga bisa meningkatkan suasana ruangan mana pun dengan cahayanya yang menyenangkan.

Namun, kelemahan terbesar menggunakan lilin adalah dapat menetes dan menimbulkan genangan air yang dapat menodai berbagai permukaan. Bahkan tetesan lilin yang sedikit saja sudah cukup membuat situasi berantakan dan rumah kotor. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Lilin dari Pakaian

Untungnya, ada beberapa metode penghilangan khusus tetesan lilin yang bisa dicoba. Tidak peduli betapa rumitnya noda yang muncul, Anda bisa mengatasinya menggunakan strategi pembersihan yang benar.

Dilansir dari Rhythm of the Home, Jumat (21/4/2023), berikut cara menghilangkan noda lilin dari permukaan apa pun.

Kikis

Ilustrasi lilin. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi lilin.
Sebelum mencoba mengatasi noda, penting menyingkirkan tetesa lilin dari bagian yang terkena noda. Gunakan pisau mentega atau alat serupa untuk mengikisnya dari permukaan.

Jika noda lilin ada di kain, Anda harus ekstra hati-hati untuk menghindari mendorong lilin lebih dalam ke dalam serat. 

Baca juga: 6 Langkah Membersihkan Noda Lilin pada Karpet

Dinginkan lilin

Selanjutnya, menghilangkan noda lilin adalah mendinginkannya terlebih dulu agar mudah mengikis sisa-sisa lilin yang menempel di permukaan.

Jika noda ditemukan pada benda kecil, seperti tempat lilin, coba memasukkannya ke freezer untuk mendinginkannya selama beberapa waktu.

Hal ini praktis untuk pakaian atau kain lain, seperti taplak meja. Namun, benda-benda yang berukuran besar perlu didinginkan dengan bantuan kompres es atau es batu.

Jangan gunakan kompres es secara langsung ke noda tetesan lilin. Bungkus dengan handuk pelindung untuk memanfaatkan efek dinginnya saja.

Lilin akan mulai mengeras setelah kurang-lebih satu jam, terkadang kurang dari itu. Periksa warna lilin untuk mengetahui apakah Anda masih perlu membiarkan kompres es di atas noda. Lilin berwarna gelap dan buram kemungkinan besar sudah siap dihilangkan. 

Baca juga: Cara Menyingkirkan Noda Karat yang Menempel pada Pakaian

Lepaskan tetesan lilin 

Dengan bantuan alat pengikis, seperti pisau mentega, sekarang kikis sisa-sisa lilin yang tertinggal setelah mengeras dengan baik.

Jaga agar alat tetap sejajar dengan benda tersebut dan kerjakan secara perlahan untuk menghindari kerusakan yang tidak disengaja pada benda yang terkena. 

Baca juga: 4 Cara Membersihkan Noda Tinta dari Mesin Pengering

Menghilangkan bercak berminyak

Ilustrasi lilin.
UNSPLASH/SIXTEEN MILES OUT Ilustrasi lilin.

Menghilangkan noda lilin dari permukaan relatif mudah jika mengikuti langkah-langkah sebelumnya. Masalahnya adalah ketika meninggalkan beberapa bintik berminyak di tempat noda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com