Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/02/2023, 18:09 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika terjadi pemadaman listrik atau mati lampu, tak sedikit penghuni rumah yang masih menggunakan lilin untuk menerangi rumah atau ruangan.

Selain itu, menyalakan lilin di rumah juga bisa menjadi salah satu cara untuk relaksasi. Namun, tak sengaja, lilin bisa menetas pada permukaan seperti karpet

Baca juga: 3 Cara Mudah Menghilangkan Permen Karet dari Karpet

Tentu saja, membersihkan noda lilin dari karpet bisa menjadi tantangan tersendiri. Untuk mempermudah pembersihan, segera membersihkan noda lilin dari karpet. Sebab, semakin lama lilin berada di permukaan karpet, semakin sulit dihilangkan.

Pembersihan ini bisa menggunakan benda-benda yang ada di rumah. Dilansir dari My Domaine, Jumat (24/2/2023), berikut cara menghilangkan noda lilin dari karpet.

Gunakan es batu

Ilustrasi es batu.Shutterstock/Valentyn Volkov Ilustrasi es batu.
Langkah pertama adalah meletakkan kantong plastik berisi es batu atau ice pack di atas lilin. Hal ini bertujuan membuat lilin mengeras sehingga mudah terkelupas dari karpet.

Biarkan es di atas lilin selama 10-15 menit. Pastikan membungkus kantong plastik atau ice pack dengan handuk agar lilin tidak basah. Lilin yang basah akan lebih sulit dihilangkan.

Baca juga: Ketahui, Ini 6 Jenis Material Karpet dan Plus Minusnya

Gunakan pisau mentega

Setelah lilin agak membeku, kikis dengan pisau mentega. Berhati-hatilah agar pisau tidak merusak atau memotong benang pada karpet. Kikis lilin sebanyak mungkin.

Gunakan vacuum cleaner

Selanjutnya, cara menghilangkan noda lilin dari karpet adalah menggunakan vacuum cleaner. Bersihkan sisa-sisa lilin dari karpet sampai bersih.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Asap Rokok dari Karpet

Gunakan setrika

Ilustrasi setrika.Shutterstock/Didecs Ilustrasi setrika.
Selanjutnya, letakkan kain bersih atau handuk kertas di atas noda lilin dan atur suhu setrika pada suhu terendah.

Setelah setrika panas, aplikasikan di atas kain atau handuk kertas. Sebaiknya, jangan berlama-lama di satu titik sehingga kain atau handuk kertas akan menyerap noda lilin.

Untuk karpet yang lebih tebal, Anda dapat menggunakan pengering rambut untuk memanaskan lilin, kemudian membersihkannya dengan handuk kertas.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Pesing dari Karpet 

Hapus sisa lilin

Jika masih terdapat lilin, mungkin Anda perlu menggunakan pembersih karpet komersial dengan mengikuti petunjuk pada produk.

Anda juga dapat mencoba mengoleskan alkohol gosok. Namun, sebelum menggunakan alkohol, sebaiknya lakukan pengujian pada area kecil yang tidak mencolok terlebih dahulu. 

Apabila aman atau tidak merusak, tuangkan sedikit alkohol gosok pada noda lilin dan bersihkan dengan kain putih sampai noda hilang. 

Baca juga: 5 Cara Mendekorasi Ruangan dengan Karpet

Bersihkan dengan vacuum cleaner

Terakhir, cara menghilangkan noda lilin dari karpet adalah membersihkan kembali dengan vacuum cleaner.

Setelah berhasil menghilangkan noda, tunggu hingga semua cairan kering, lalu bersihkan dengan penyedot debu untuk mengembalikan tekstur karpet. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com