Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/12/2022, 15:54 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menambahkan karpet ke area mana pun di rumah dapat memberi perbedaan besar pada keseluruhan tampilan ruangan

Di luar estetika, karpet juga dapat memberikan kenyamanan, kehangatan, serta menambah tekstur ke ruangan. 

Baca juga: Karpet Bisa Bikin Ruangan Sempit Tampak Lebih Luas, Begini Caranya

Namun, sebelum menggunakannya, ada banyak bentuk, desain, serta material karpet yang berbeda untuk dipilih. Setiap bentuk, desain, dan material karpet tidak selalu cocok untuk semua ruangan. 

Misalnya, untuk kamar tidur, membutuhkan karpet dengan material yang lebih halus serta motif sederhana. Kesalahan pemilihan desain, motif, dan material ini dapat membuat tampilan ruangan terlihat buruk. 

Karena itu, mendekorasi ruangan dengan karpet perlu dilakukan secara hati-hati. Dilansir dari My Decorative, Jumat (23/12/2022), berikut cara mendekorasi ruangan dengan karpet

Baca juga: 3 Jenis Material Karpet Kamar Tidur Anak yang Tahan Lama 

Karpet tangga

Ilustrasi tangga, Ilustrasi tangga berkarpet. Shutterstock/property-exposure Ilustrasi tangga, Ilustrasi tangga berkarpet.
Karpet tangga merupakan cara instan mendandani tangga rumah. Karpet panjang ini dapat menambah tampilan interior rumah, volume pada area tangga dengan pola dan tekstur, serta mencegah risiko terjatuh lantaran memberi pijakan yang kasar. 

Sebaiknya, memilih karpet tangga dengan tampilan sederhana sehingga tidak memadati area dengan visual yang berlebihan.

Karpet bulu di kamar tidur

Karpet bulu memiliki tampilan yang terlihat mewah dan selalu paling pas digunakan di kamar tidur utama.

Penggunaan karpet bulu ini dapat menambah kenyamanan dan banyak tekstur di kamar tidur. 

Saat memilih karpet bulu untuk kamar tidur, pilih karpet yang tidak cukup besar atau kecil dari tempat tidur untuk memenuhi ruangan. Karpet bulu harus diletakkan di bawah tempat tidur dan menonjol beberapa inci di semua sisi. 

Baca juga: Karpet Kurangi Kebisingan dan Memberi Ketenangan di Kamar Tidur

Karpet bermotif untuk ruang tamu

Selanjutnya, cara mendekorasi ruangan dengan karpet adalah adalah memilih karpet bermotif untuk ruang tamu. Karpet ruang tamu harus memiliki pola yang melengkapi tema interior dan berukuran cukup besar untuk menyatukan ruangan.

Karpet tidak harus pas di bawah sofa, tetapi harus cukup besar untuk menjangkau beberapa inci dari semua sisi meja kopi.

Karpet area pintu masuk rumah 

Ilustrasi karpet, ilustrasi ruangan.UNSPLASH / Sven Brandsma Ilustrasi karpet, ilustrasi ruangan.
Bergantung pada ukuran area pintu masuk rumah, karpet anyaman dapat berfungsi baik untuk ruangan ini, terlebih ruang masuk yang lebih panjang.

Namun, gaya serta desain karpet di area ini harus sesuai dengan pilihan karpet ruang tamu sehingga bisa membuat ruangan saling terhubung. 

Baca juga: 4 Cara Membuat Karpet Lebih Tahan Lama 

Karpet kamar mandi

Terakhir, cara mendekorasi ruangan dengan karpet adalah menggunakannya di kamar mandi. Pilih warna karpet yang melengkapi interior rumah yang lain dan pertimbangkan tekstur yang tidak membuat kamar mandi kewalahan.

Selain itu, jika memiliki lebih dari satu kamar mandi di rumah, penting menggunakan keset yang sama di seluruh ruangan.

Hal lain yang perlu diingat adalah merawat karpet dengan menjaganya tetap bersih serta bebas debu dan kotoran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com