Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Membersihkan Peralatan Tembaga dengan Bahan Alami

Kompas.com - 24/02/2023, 15:20 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Treehugger

JAKARTA, KOMPAS.com - Tembaga banyak digunakan sebagai material untuk berbagai bahan rumah tangga seperti wajan dan panci.

Namun, seiring berjalannya waktu, udara dapat menyebabkan tembaga mengembangkan lapisan oksida sehingga peralatan tembaga tampak menimbulkan noda. Untungnya, membersihkan noda pada peralatan tembaga ini dapat menggunakan bahan-bahan alami.

Dilansir dari Treehugger, Jumat (24/2/2023), berikut empat cara membersihkan peralatan tembaga dengan bahan-bahan alami. 

Baca juga: Cara Mencuci Peralatan Masak Tembaga agar Tetap Awet

Cuka dan garam

Ilustrasi cuka, cuka putih.SHUTTERSTOCK/FOCAL POINT Ilustrasi cuka, cuka putih.
Campurkan satu sendok makan garam meja dengan sekitar 236 mililiter cuka putih, lalu gosokkan pada noda yang terdapat di peralaatan tembaga menggunakan kain lembut, dan bilas setelah beberapa menit. 

Cara lainnya, rendam peralatan tembaga ke dalam panci berisi sekitar 700 mililiter air dan campuran garam dan cuka, lalu didihkan air sampai noda hilang.

Setelah peralatan tembaga dingin, cuci dengan sabun dan air, lalu bilas, dan gosok dengan kain lembut.

Baca juga: Trik Mempertahankan Warna Celana Jeans Hitam dengan Cuka dan Garam

Saus tomat

Untuk mengembalikan kilau alami tembaga, Anda dapat menggunakan saus tomat. Oleskan saus tomat pada noda yang ada di panci, lalu bilas, dan keringkan dengan kain lap.

Saus tomat mengandung asam dan garam, dua bahan yang dibutuhkan untuk melarutkan oksida tembaga.

Lemon

Ilustrasi lemon. Shutterstock/Alexeysun Ilustrasi lemon.
Untuk membersihkan tembaga dengan lemon, pertama potong lemon menjadi dua bagian, kemudian bubuhkan garam pada lemon, serta gosokkan potongan tersebut pada peralatan tembaga secara perlahan.

Baca juga: Simak, 8 Manfaat Lemon untuk Membersihkan Dapur

Baking soda

Campurkan baking soda dengan sari lemon untuk membersihkan peralatan tembaga. Anda juga dapat menaburkan baking soda pada kain lembap, lalu aplikasikan pada area noda. Sifat abrasif alami baking soda akan membantu menghilangkan noda. 

Untuk peralatan tembaga berkilau lebih lama, aplikasikan pernis. Cobalah menjaga minyak dari jari dan kulit menempel pada peralatan tembaga karena dapat menyebabkan perubahan warna.

Jika mengenakan perhiasan tembaga, Anda dapat mengoleskan lapisan cat kuku bening untuk mencegah tembaga bersentuhan langsung dengan kulit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com