Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/12/2022, 15:16 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Peralatan memasak berbahan keramik mengalami popularitas sejak beberapa tahun belakangan.

Peralatan masak keramik ini terdiri atas wajan, panci, pemanggang, dan pisau. Peralatan masak keramik memiliki tampilan yang serta datang dalam berbagai pilihan warna menarik sehingga bisa mempercantik tampilan dapur

Baca juga: Cara Membersihkan Wajan Keramik, Pakai Bahan yang Ada di Dapur

Di balik tampilan menarik itu, peralatan masak keramik memiliki kualitas yang baik dan sejumlah keuntungan daripada material lainnya.

Tak heran, membuat banyak orang memilih menggunakan peralatan masak keramik di dapur mereka. 

Nah, dilansir dari My Decorative, Jumat (23/12/2022), berikut sejumlah keuntungan menggunakan peralatan masak keramik

Baca juga: Panci Keramik dan Panci Stainless Steel, Mana yang Lebih Baik?

Permukaan antilengket

Ilustrasi wajan keramik. SHUTTERSTOCK/IHORL Ilustrasi wajan keramik.
Panci dan wajan keramik memiliki permukaan antilengket, yang berarti memasak lebih mudah dan memudahkan pembersihan.

Dengan menggunakan peralatan masak keramik, Anda tidak perlu merendam panci di dalam air selama berjam-jam untuk memudahkan penggosokan.

Sebaliknya, permukaan antilengket yang dimiliki peralatan masak keramik membuat pembersihan menjadi sangat mudah dan penggosokan lebih ringan. 

Selain itu, permukaan antilengket dari panci dan wajan keramik membuat proses memasak lebih mudah serta tidak stres karena makanan tidak akan menempel pada wajan dan tidak keluar. 

Baca juga: 6 Manfaat Menggunakan Peralatan Makan Keramik 

Tanpa bahan kimia beracun

Wajan antilengket cukup mudah ditemukan. Peralatan masak antilengket tradisional lebih mudah dibersihkan daripada baja tahan karat dan besi tuang.

Namun, panci antilengket teflon mengandung bahan kimia konsentrasi tinggi yang disebut PTFE. Bahan kimia PTFE telah dikaitkan dengan penyakit kanker dan dampak buruk kesehatan lainnya.

Tentu saja, Anda tidak ingin bahan kimia ini jatuh dalam makanan Anda, bahkan mengonsumsinya. Karena itu, hindari memasak makanan menggunakan peralatan masak teflon.

Untungnya, peralatan masak keramik bebas bahan kimia beracun seperti PTFE atau logam berat apa pun. Peralatan masak keramik terbuat dari bahan mineral alami sehingga aman serta tidak ada bahan kimia yang mengontaminasi masakan. 

Baca juga: Cara Mencuci Wajan Keramik Pakai Baking Soda

Aman digunakan untuk oven 

Ilustrasi wajan keramik.SHUTTERSTOCK / Krasula Ilustrasi wajan keramik.
Peralatan masak keramik aman untuk dimasukkan ke oven. Namun, pastikan memeriksa kemasan perangkat keramik Anda untuk melihat suhu yang tepat yang dapat ditahan peralatan. 

Tentu saja, ini menjadi keuntungan menggunakan peralatan masak keramik. Sementara itu, di sisi, panci teflon dikenal meleleh saat terkena suhu tinggi oven dan ini bisa melepaskan PTFE yang lebih beracun. 

Baca juga: 7 Manfaat Menggunakan Alat Masak Berbahan Keramik

Tampilan ramping 

Peralatan masak tradisional atau material di luar keramik memiliki tampilan kurang menarik dan mudah ketinggalan zaman.

Namun, keuntungan menggunakan peralatan masak keramik memiliki tampila cantik dan ramping. Panci dan wajan keramik tersedia dalam berbagai macam warna menarik yang dapat meningkatkan estetika dapur.

Bahkan dengan membeli satu set peralatan masak keramik dapat membuat dapur terlihat baru tanpa banyak biaya atau perlu merenovasinya. Peralatan masak keramik ini dapat Anda gantung serta sebagai hiasan di dapur. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com