Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Memilih Warna Cat Kamar Mandi, Dijamin Hasilnya Bikin Bagus

Kompas.com - 07/04/2023, 22:19 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cat dapat dengan mudah memberikan tampilan baru pada kamar mandi. Hanya cuku satu hingga dua kaleng cat dan beberapa jam, tampilan dan suasana kamar mandi akan langsung berubah. 

Namun, menentukan skema warna cat untuk kamar mandi bukan hal mudah. Tidak ada ilmu pasti memilih warna cat kamar mandi terbaik. 

Baca juga: 6 Warna Cat Terbaik untuk Pagar Rumah

Dengan kemungkinan kombinasi yang tak terbatas, keputusan tersebut bisa terasa sangat membingungkan.

Untuk membantu, beberapa ahli membagikan bagaimana memilih warna cat kamar mandi, dari plafon hingg dinding.

Baik menciptakan kamar mandi utama, seperti spa atau ruang rias yang mewah, berikut cara memilih warna cat kamar mandi terbaik seperti dilansir dari Better Homes and Gardens, Jumat (7/4/2023). 

Gunakan roda warna

Ilustrasi cat, Ilustrasi sample warna cat.Shutterstock/New Africa Ilustrasi cat, Ilustrasi sample warna cat.
Jika terjebak dalam upaya memutuskan warna cat mana yang cocok dipadukan, lihatlah roda warna untuk mendapatkan inspirasi.

Konsep teori warna dapat membantu mengarahkan Anda ke arah warna yang saling melengkapi. Ungu dan kuning berpadu bersama, misalnya, karena keduanya berseberangan pada roda warna, sehingga saling melengkapi.

Hijau dan biru berpadu baik karena keduanya bersebelahan, membuat keduanya menjadi analog. Jika ragu, putar roda warna untuk mendapatkan solusi cepat dan mudah atas pertanyaan Anda. 

Baca juga: Jangan Asal, Ini Cara Memilih Cat Kamar Mandi yang Tepat

Pilih tiga warna

Gunakan aturan tiga warna sebagai panduan atau cara memilih warna cat kamar mandi. Pilih satu warna netral, satu warna yang kaya, dan satu aksen.

Untuk melakukannya dengan sukses, pikirkan tentang proporsi dan andalkan distribusi 70/20/10. Gunakan warna paling terang untuk sekitar 70 persen dekorasi ruangan, warna kedua paling terang untuk 20 persen, dan warna paling berani untuk 10 persen.

Ingatlah bahwa warna netral dapat dikombinasikan dengan berbagai cara. Misalnya, palet putih, cokelat kakao, dan hijau muda menciptakan tampilan bersih serta klasik. 

Namun, pasangkan warna netral yang sama dengan hijau Kelly dan efeknya akan memberi energi dan semangat. Dengan aturan cerdas ini, warna cat kamar mandi akan terlihat seperti dipilih seorang ahli. 

Baca juga: Cara Menyimpan Sisa Cat yang Tepat agar Tidak Kering dan Tahan Lama

Campurkan dua warna netral

Ilustrasi kamar mandi dengan dinding warna pastel.SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi kamar mandi dengan dinding warna pastel.
Skema warna cat kamar mandi yang sebagian besar netral membantu menciptakan suasana ketenangan dan relaksasi.

Sekali lagi, aturan proporsi berlaku. Saat menggunakan dua warna, fokuslah pada distribusi 70/30. Dua warna netral, seperti abu-abu dan putih, membuat skema warna yang menenangkan yang bersahaja tanpa membosankan.

Untuk menambah daya tarik visual, sertakan elemen berpola, seperti ubin herringbone di lantai atau marmer berurat, pada meja atau wainscoting. 

Baca juga: 6 Warna Cat Dinding Kamar Tidur yang Harus Dihindari, Apa Saja?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com