Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/03/2023, 14:41 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Hepper

JAKARTA, KOMPAS.com - Korea tidak hanya kaya akan budaya tradisional dan populer. Negeri Ginseng tersebut juga memiliki sejumlah ras anjing yang unik.

Dikutip dari Hepper, Selasa (14/3/2023), ada setidaknya tujuh ras anjing asal Korea.

Namun demikian, anjing-anjing ini tidak terlalu dikenal di luar Korea. Beberapa dari mereka menghadapi kepunahan, bahkan ketika organisasi pecinta anjing di seluruh negeri bekerja untuk mengembalikan garis keturunan mereka.

Baca juga: 10 Ras Anjing Asal Australia, Kuat dan Pekerja Keras

Ilustrasi ras anjing Korean Jindo. PIXABAY/BRENNAN EMERSON Ilustrasi ras anjing Korean Jindo.

Meskipun sebagian besar ras anjing di Korea awalnya bukan asli, banyak yang percaya bahwa yang pertama datang ke negara itu pada abad ke-13 dari Mongolia. Pada titik ini, mereka dianggap sebagai bagian dari sejarah nasional Korea.

Sebagian besar anjing ini memiliki garis keturunan yang memiliki ikatan dengan nenek moyang anjing liar, seperti coyote dan serigala. Berikut beberapa ras anjing asal Korea yang patut diketahui.

1. Korean Jindo

Korean Jindo sejauh ini adalah ras anjing asal Korea yang paling terkenal. Ini terkait dengan kisah Baekgu, seekor anjing setia yang melintasi 186 mil selama tujuh bulan untuk menemukan tuannya membawa anjing ini pada popularitas.

Setelah itu, pemerintah di Korea Selatan mendaftarkan anjing Korean Jindo sebagai monumen nasional ke-53, dan perlindungan diberikan untuk meningkatkan ras anjing ini.

Baca juga: 10 Ras Anjing Asal Belanda, Ada yang Hampir Punah karena Perang

Anjing Korean Jindo biasanya berwarna putih, coklat, atau krem. Korean Jindo adalah ras anjing mirip Spitz, beratnya 20 hingga 27,5 kg, dengan tinggi maksimal 22 inci dari bahu mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com