Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Ras Anjing Asal Korea, Beberapa Hampir Punah

JAKARTA, KOMPAS.com - Korea tidak hanya kaya akan budaya tradisional dan populer. Negeri Ginseng tersebut juga memiliki sejumlah ras anjing yang unik.

Dikutip dari Hepper, Selasa (14/3/2023), ada setidaknya tujuh ras anjing asal Korea.

Namun demikian, anjing-anjing ini tidak terlalu dikenal di luar Korea. Beberapa dari mereka menghadapi kepunahan, bahkan ketika organisasi pecinta anjing di seluruh negeri bekerja untuk mengembalikan garis keturunan mereka.

Meskipun sebagian besar ras anjing di Korea awalnya bukan asli, banyak yang percaya bahwa yang pertama datang ke negara itu pada abad ke-13 dari Mongolia. Pada titik ini, mereka dianggap sebagai bagian dari sejarah nasional Korea.

Sebagian besar anjing ini memiliki garis keturunan yang memiliki ikatan dengan nenek moyang anjing liar, seperti coyote dan serigala. Berikut beberapa ras anjing asal Korea yang patut diketahui.

1. Korean Jindo

Korean Jindo sejauh ini adalah ras anjing asal Korea yang paling terkenal. Ini terkait dengan kisah Baekgu, seekor anjing setia yang melintasi 186 mil selama tujuh bulan untuk menemukan tuannya membawa anjing ini pada popularitas.

Setelah itu, pemerintah di Korea Selatan mendaftarkan anjing Korean Jindo sebagai monumen nasional ke-53, dan perlindungan diberikan untuk meningkatkan ras anjing ini.

Anjing Korean Jindo biasanya berwarna putih, coklat, atau krem. Korean Jindo adalah ras anjing mirip Spitz, beratnya 20 hingga 27,5 kg, dengan tinggi maksimal 22 inci dari bahu mereka.


Anjing ini adalah anjing yang sangat setia dan menjalin ikatan yang sangat erat dengan pemiliknya. Mereka adalah anjing yang sangat aktif dan membutuhkan banyak latihan.

Korean Jindo adalah anjing yang lembut, baik hati dan penuh kasih sayang dengan pemiliknya. Mereka memiliki dorongan mangsa yang tinggi dan tidak hidup dengan baik di sekitar hewan lain kecuali mereka menerima sosialisasi awal dan berkualitas tinggi.

2. Korean Mastiff atau Dosa atau Tosa

Anjing Dosa atau Korean Mastiff adalah salah satu ras anjing paling langka di dunia. Mereka tetap tidak dikenali oleh klub pecinta anjing di Amerika dan Inggris karena alasan ini.

Mereka adalah anjing besar dengan fitur dan ukuran yang khas untuk mastiff lainnya. Dosa bukanlah jenis anjing purba, dengan perkiraan peternak bahwa mereka menelusuri asal-usulnya kembali ke awal 1900-an.

Anjing Dosa memiliki wajah keriput dan sifat manis. Mereka menjadi anjing pendamping yang sangat baik karena mereka secara alami berperilaku baik di sekitar hewan dan anak-anak lain.

Mereka sering digunakan sebagai anjing pertunjukan di Korea. Anjing ini memiliki berat antara 66 hingga 77 kg dan tingginya sekitar 28 inci dari bahu ke bawah.

3. Sapsali

Sapsali adalah anjing Korea yang diyakini ada sejak abad pertama Masehi. Selama masa perang di Korea pada tahun 1900-an, Sapsali mencapai ambang kepunahan.

Namun, anjing Sapsali kini telah dilindungi melalui status monumen nasional.

Pada zaman kuno, Sapsali adalah anjing bangsawan. Mereka memiliki penampilan seperti singa karena bulunya yang lebat.


Temperamen mereka yang santai dan baik hati, cara lucu membuat mereka menjadi keluarga favorit hingga hari ini. Mereka membutuhkan banyak latihan dan perawatan yang konsisten agar tetap terlihat bersih dan bebas kusut.

Sapsali adalah anjing berukuran sedang, dengan berat antara 20 hingga 27,5 kg. Tingginya sekitar 20 inci, tetapi bulu halusnya membuat mereka terlihat lebih besar.

4. Nureongi

Anjing Nureongi adalah ras mirip Spitz, sedikit lebih kecil dari Korean Jindo tetapi penampilannya serupa.

Tidak ada yang tahu persis asal usul anjing-anjing ini, tetapi beberapa percaya mereka adalah ras anjing Korea kuno, nenek moyang Korean Jindo. Mereka atletis dan biasa digunakan sebagai anjing pemburu karena kelincahan dan kecerdasannya.

Anjing Nureongi memiliki berat 20 hingga 27,5 kg dan tingginya sekitar 20 inci, mirip dengan Sapsali. Namun, mereka memiliki bulu yang padat dan perawatan yang rendah.

5. Pungsan

Seekor anjing yang mirip dengan Jindo adalah anjing Pungsan. Anjing Pungsan datang ke Korea Selatan sebagai hadiah dari pemimpin Korea Utara.

Sebagai imbalannya, Korea Utara menerima hadiah anjing Korean Jindo. Mereka sangat dicintai di Korea Utara dan telah menjadi makanan pokok yang mirip dengan Jindo.

Anjing Pungsan selalu waspada dan siap untuk pergi. Mereka adalah pemburu paket dan bekerja dengan baik dalam kondisi berburu tanpa bantuan manusia.

Mereka menjadi anjing pendamping yang luar biasa karena kesetiaan dan kecerdasan mereka.

Bahkan dengan semua ini, dikombinasikan dengan temperamen yang datar, mereka jarang terlihat di luar perbatasan Korea.

Anjing Pungsan adalah jenis lain yang mirip Spitz, dengan bentuk persegi bentuk tubuh dan telinga tegak. Ukurannya juga sama, beratnya antara 40 hingga 55 pound dan tingginya sekitar 20 inci.

Mereka memiliki bentuk tubuh berotot dan gesit.

6. Donggyeongi

Donggyeongi adalah ras anjing yang dilindungi di Korea. Anjing-anjing ini terkenal dengan ekornya yang pendek.

Mereka adalah ras Korea kuno, tetapi sangat mirip dengan Komainu dalam patung-patung Jepang.

Karena tidak ada ras anjing yang suka tanpa tujuan, anjing ini unggul dalam berburu. Mereka memiliki kerangka kecil tapi berotot yang memberi mereka kelincahan yang luar biasa.

Mereka bisa berwarna coklat, hitam, krem, dan terkadang putih. Garis keturunan kuno mereka mempertahankan garis liar di dalam diri mereka yang dapat membuat mereka menantang untuk dilatih dalam lingkungan rumah tangga.

7. Jeju


Jeju adalah salah satu pulau Korea yang lebih besar, terletak di luar ujung selatannya. Anjing Jeju adalah penduduk asli pulau itu dan merupakan ras yang sangat langka bahkan di Korea.

Mereka hampir menuju kepunahan pada 1980-an ketika hanya tiga yang tersisa sebagai yang selamat. Setelah masa perang itu, upaya revitalisasi yang dihasilkan pemerintah Korea untuk memulihkan garis keturunan.

Upaya ini berhasil, karena sekarang ada lebih dari 100 anjing murni Jeju di negara ini.

Ini adalah anjing mirip Spitz yang terlihat mirip dengan serigala putih atau abu-abu. Mereka waspada terhadap orang asing dan selalu waspada terhadap lingkungan mereka. Kombinasi tersebut menjadikan mereka anjing penjaga yang sangat baik.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/14/144110876/7-ras-anjing-asal-korea-beberapa-hampir-punah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke