Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Keliru, Ini Perbedaan Anjing Beauceron dan Doberman

Kompas.com - 26/02/2023, 20:12 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber akc.org

JAKARTA, KOMPAS.com - Doberman pinscher menjadi salah satu ras anjing populer di dunia. Doberman dikenal sebagai anjing yang kuat, cerdas, dan penjaga terbaik di dunia.

Anjing Doberman memiliki tubuh ramping dan atletis, tapi mengemas banyak otot sehingga membuatnya tampak berat. 

Baca juga: Cara Melatih Anjing Doberman agar Tidak Agresif

Namun, ada ras anjing yang berukuran sama serta sama kuat dan menariknya dengan anjing Doberman, yakni Beauceron.

Saking miripnya tampilan keduanya, beberapa orang salah mengira anjing Beauceron sebagai Doberman. Kedua ras anjing tangguh ini memiliki sejarah dan tujuan berbeda.

Leslie Hall dari Pajant Doberman, yang juga seorang AKC Breeder of Merit dan saat ini menjabat sebagai sekretaris Doberman Pinscher Club of America, mengatakan meski selama puluhan tahun dengan trah ini, dia tidak pernah bertemu dengan orang yang salah mengira Doberman miliknya sebagai Beauceron, dia mencatat kemiripan di antara keduanya adalah dalam hal warna, tanda, dan kepribadian. 

Baca juga: 8 Negara yang Melarang dan Membatasi Anjing Doberman Pinscher

"Setiap ras memiliki tanda karat yang muncul di tempat yang sama pada tubuh mereka. Tingginya serupa untuk anjing jantan dan betina," katanya. 

Setiap masing-masing ras anjing juga setia, pemberani, cerdas, juga energik. Namun, Victoria Paul yang telah memiliki, melatih, dan berkompetisi dengan Beauceron selama 14 tahun, mengatakan sering mengalami kebingungan tentang Doberman dan Beauceron. 

Mungkin orang-orang menganggap Beauceron adalah Doberman, tetapi tidak sebaliknya karena mereka tidak pernah mendengar tentang Beauceron yang kurang umum.

Paul juga percaya kedua ras anjing ini memiliki banyak kesamaan. "Kedua ras ini cenderung sangat setia dan terikat pada orangnya serta dikenal sebagai atlet yang sangat cerdas, serba bisa, serta protektif terhadap rumah dan orang-orang di sekitarnya."  

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut perbedaan anjing Beauceron dan Doberman dikutip dari AKC, Minggu (26/2/2023). 

Baca juga: 7 Ras Anjing Berwarna Hitam dan Coklat Tua, Ada Doberman dan Chihuahua

Pekerjaan 

Ilustrasi anjing Beauceron.Shutterstock/Vera Zinkova Ilustrasi anjing Beauceron.
Karena kedua ras ini memiliki latar belakang pekerjaan yang sangat berbeda, Beauceron adalah anggota dari kelompok penggembala dan Doberman adalah bagian dari kelompok pekerja. 

Menurut Paul, peran penggembala Beauceron berarti mereka memiliki sifat-sifat khas anjing gembala. "Beauceron sangat lambat untuk menjadi dewasa, sering kali mudah bosan dengan pelatihan yang berulang-ulang, dan bisa sangat tidak memaafkan kesalahan pawangnya."

Tentu saja, dari segi penampilan, anjing Beauceron memiliki lebih banyak bulu, sedikit lebih gempal, tidak pernah merapat, dan memiliki cakar ganda yang melekat kuat di kaki belakang. 

Hall setuju perbedaan anjing Beauceron dan Doberman paling besar adalah tujuan mereka yang berbeda. Meski digunakan dalam pekerjaan militer dan polisi, Beauceron pada dasarnya adalah anjing penggembala.

Sedangkan Doberman terutama dimaksudkan untuk bekerja dengan manusia. Doberman adalah satu-satunya ras anjing AKC yang dibiakkan sebagai pelindung manusia, bukan hewan, dan merupakan ras baru dibanding sejarah Beauceron.

Baca juga: Mengenal Anjing Doberman, dari Sejarah, Kepribadian, hingga Perawatan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com