Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/02/2023, 21:32 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menggonggong adalah perilaku alami dan wajar yang dimiliki serta dilakukan anjing.

Menggonggong juga merupakan cara anjing berkomunikasi dengan anjing lain maupun pemiliknya. Tak heran, anjing akan menggonggong dari waktu ke waktu. 

Baca juga: Cara Menghentikan Anjing Menggonggong Berlebihan

Namun, setiap anjing memiliki gonggongan berbeda. Ada beberapa anjing menggonggong berlebihan, bahkan gonggongan ini bisa berisiko dan sangat mengganggu.

Akan tetapi, ada sebagian ras anjing yang memiliki kepribadian lebih tenang dibanding ras lainnya alias jarang menggonggong. 

Meski gonggongan dapat dikontrol dengan pelatihan tepat,  ras anjing yang jarang menggonggong ini bisa Anda pertimbangkan, terlebih jika tinggal di apartemen dan khawatir mendapat keluhan dari tetangga yang merasa terganggu.

Megan Stanley, pemilik Dogma Training and Pet Services, Inc, mengatakan gonggongan anjing yang berlebihan dapat dicegah melalui pelatihan positif, latihan fisik dan mental yang memadai, serta memastikan kesehatan anjing secara keseluruhan. 

Meski jarang menggonggong, ras anjing ini paling penyayang dan suka berpelukan. Berikut beberapa ras anjing yang jarang menggonggong dilansir dari Reader's Digest, Rabu (22/2/2023). 

Baca juga: 5 Cara Membangun Ikatan dengan Anjing Peliharaan

Bernese mountain dog 

Ilustrasi anjing Bernese Mountain Dog.UNSPLASH / Alexandra Lau Ilustrasi anjing Bernese Mountain Dog.
Awalnya, merupakan ras pekerja yang ditemukan di peternakan Swiss. Bernese mountain dog adalah anjing yang tenang, baik hati, dan kuat. 

Bernese mountain dog dikenal sebagai salah satu ras anjing yang jarang menggonggong dan sangat tenang. Namun, selalu siap bermain atau berjalan-jalan dengan pemiliknya.

Mereka senang menyenangkan keluarga manusianya. Jika Anda memiliki kehidupan yang sibuk, ini adalah jenis anjing yang dapat ditinggal sendirian. 

Baca juga: 10 Ras Anjing Paling Cerdas di Dunia, Ada German Shepherd dan Papillon

Basenji

Basenji dikenal sebagai "anjing tanpa gonggongan", tetapi tidak sepenuhnya bisu. Basenji tidak menggonggong karena bentuk laring mereka yang tidak biasa sehingga hampir tidak mungkin menggonggong.

Namun, anjing Basenji berkomunikasi dengan cara lain, yaitu dengan yodeling. "Suara ini dikenal sebagai 'basenji yodel'," kata Stanley.

Jangan khawatir, anjing Basenji mungkin tidak akan bernyanyi tanpa henti dari ketinggian sofa Anda. Namun, Stanley mengatakan ras anjing pendiam ini cerdas dan energik serta membutuhkan pelatihan positif dan olahraga yang cukup untuk menjadi pendamping yang bahagia. Ini adalah ras anjing medium terbaik. 

Baca juga: Bolehkah Menggunakan Sampo Bayi untuk Memandikan Anjing?

Great dane

Ilustrasi anjing Great dane.PIXABAY/Ralphs_Fotos Ilustrasi anjing Great dane.
Great dane merupakan anjing raksasa yang lembut dan termasuk ras anjing yang jarang menggonggong.

Namun, ketika menggonggong, suaranya keras dan dalam, tetapi itu tidak terlalu sering. "Mereka cenderung memiliki sifat tenang, yang berarti tidak sering menggonggong," ucap Stanley.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com