Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati, Ini 5 Makanan Paling Berbahaya untuk Kucing Peliharaan

Kompas.com - 22/02/2023, 14:55 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Pet MD

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing memerlukan nutrisi yang sehat dan berimbang untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya.

Tak heran, banyak pemilik kucing yang memperhatikan betul nutrisi yang diberikan pada sahabat bulu. Namun, ada pula pemilik yang memberikan sejumlah makanan apa pun pada kucing peliharaan tanpa memperhatikan kandungan gizi atau baik bagi sahabat bulu. 

Baca juga: 10 Ras Kucing Besar yang Dapat Dipelihara, Ada Persia dan Savannah

Bahkan beberapa makanan tersebut berisiko buruk dan berbahaya bagi kucing peliharaan. Karena itu, bila menganggap kucing sebagai anggota keluarga kita, hindari memberikan sahabat bulu makanan atau nutrisi yang tidak seharusnya. 

Dilansir dari Pet MD, Rabu (22/2/2023), berikut lima makanan paling berbahaya untuk kucing peliharaan dan pertolongan yang diberikan saat kucing telanjur mengonsumsinya. 

Baca juga: 5 Cara Membuat Kucing Peliharaan Minum Lebih Banyak Air

Bawang merah atau bawang putih

Ilustrasi bibit bawang merah.SHUTTERSTOCK/REVIANA Ilustrasi bibit bawang merah.
Tina Wismer, Direktur Medis di Pusat Pengendalian Racun Hewan ASPCA, mengatakan bawang merah dan bawang putih dapat menyebabkan kerusakan sel darah merah dan anemia pada kucing. 

"Kucing cenderung lebih pemilih dalam memilih makanan dibanding anjing, tetapi kami telah melihat kucing memakan 236 mililiter penuh bawang bombay karamel. 

Meski besar kecilnya dosis menentukan tingkat keracunan, kelesuan dan berkurangnya nafsu makan dapat menjadi gejala dari reaksi beracun ini. 

Semakin cepat Anda mendiagnosis kemungkinan keracunan pada kucing, semakin baik kucing mendapat pertolongan. Bawa segera kucing ke dokter hewan. 

Baca juga: Perbedaan Kucing Himalaya Vs Siam, Jangan Sampai Keliru

Telur mentah

Selanjutnya, makanan paling berbahaya untuk kucing peliharaan adalah telur mentah. Menurut Wismer, sama dengan manusia, konsumsi telur mentah dapat menyebabkan salmonella pada kucing.

Gejala kerancunan telur mentah ini bervariasi, tetapi umumnya muntah, diare, dan kelesuan. Salmonella juga dapat ditularkan ke manusia dari hewan sehingga semakin penting  menjauhkan kucing dari telur dan mencuci tangan dengan benar setelah memanggang atau memasak dengan telur mentah. 

Baca juga: Kucing Mendengkur Saat Tidur, Normal atau Bahaya?

Alkohol

Ilustrasi kucing makan.Shutterstock/AlexanderDubrovsky Ilustrasi kucing makan.
Wismer mengatakan kucing cenderung tertarik pada minuman yang mengandung susu atau krim, tetapi ini merupakan makanan paling berbahaya untuk kucing peliharaan jika dikonsumsi.

Selain koktail, alkohol juga dapat ditemukan dalam makanan penutup dan dapat masuk ke  perut kucing jika menelan adonan ragi buatan sendiri atau dibeli di toko yang digunakan untuk membuat roti, roti gulung, serta pizza.

Bahkan alkohol dalam jumlah kecil, baik yang tertelan melalui minuman beralkohol maupun yang diproduksi di dalam perut, dapat mengancam nyawa sehingga penting menghubungi dokter hewan sebelum melihat gejala keracunan serius seperti kejang-kejang. 

Baca juga: Bolehkah Kucing Mengonsumsi Makanan Anjing?

Ikan mentah

Ilustrasi kucing makan ikanSHUTTERSTOCK/POGODINA NATALIA Ilustrasi kucing makan ikan
Seperti telur mentah, daging dan ikan mentah juga menjadi makanan paling berbahaya untuk kucing peliharaan karena bisa menyebabkan keracunan.

Selain itu, ikan mentah mengandung senyawa yang memecah tiamin, vitamin B1 penting bagi kucing yang. "Jika vitamin B1 ini hilang, dapat menyebabkan masalah neurologis yang serius pada kucing peliharaan," kata Wismer. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com