Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Rice Cooker Tidak Panas? Ini Penyebab dan Solusinya

Kompas.com - Diperbarui 30/10/2023, 19:59 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rice cooker atau penanak nasi adalah peralatan elektronik yang digunakan hampir setiap hari untuk menanak nasi dengan mudah. Anda hanya cukup menekan tombol, lalu rice cooker akan bekerja untuk memasak beras hingga menjadi nasi.

Akan tetapi, permasalahan yang kerap terjadi adalah rice cooker tidak panas. Akibatnya, proses menanak nasi menjadi terhambat.

Dikutip dari Kitchen Snitches, penyebab rice cooker tidak panas yang paling umum adalah kabel listrik yang putus, elemen pemanas, sekering termal, atau termostat.

Baca juga: Rice Cooker Bau? Ini 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi rice cooker, memasak nasi di rice cooker.SHUTTERSTOCK/ZBLASTER Ilustrasi rice cooker, memasak nasi di rice cooker.

Bagian-bagian ini bekerja sama untuk menghasilkan dan mengatur proses pemanasan di dalam penanak nasi, dan jika ada yang rusak, rice cooker tidak akan memanas.

Rice cooker umumnya bertahan sekitar tujuh atau delapan tahun dengan penggunaan rata-rata. Jika rice cooker tidak panas sebagaimana mestinya, itu tidak berarti akhir dari penanak nasi Anda.

Langkah pertama dalam memperbaiki masalah rice cooker tidak panas adalah mencari tahu bagian mana yang menyebabkan masalah. Ini membutuhkan beberapa percobaan dan mungkin kesalahan.

Anda harus memecahkan masalah umum satu per satu sampai Anda menemukan sebabnya.

Baca juga: Penyebab Nasi Lengket di Rice Cooker dan Cara Mencegahnya

Setelah Anda menentukan bagian mana yang rusak, Anda biasanya dapat memperbaiki atau mengganti bagian tersebut. Namun, beberapa suku cadang sulit ditemukan dan bisa saja cukup mahal.

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah waktu dan masalah yang diperlukan untuk memecahkan masalah dan memperbaiki rice cooker. Anda mungkin memutuskan lebih suka membeli rice cooker baru.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com