Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari, Ini 6 Kesalahan Mendekorasi Ruangan yang Dilakukan Orang

Kompas.com - 18/02/2023, 12:03 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak sekali pilihan kecil saat mendekorasi ruangan, dari lantai, cat, pencahayaan, hingga perabotan.

Meski kecil, semua hal ini berperan penting dalam mendesain dan mendekorasi ruangan. Tak jarang, memilih elemen-elemen ini dapat membuat Anda kebingungan. 

Baca juga: 8 Tips Dekorasi Rumah Pakai Cermin untuk Feng Shui Baik

Untungnya, Anda dapat membuat pilihan berdasarkan kenyamanan dan bujet yang dimiliki. Namun, jika dilihat dari sudut pandang seorang profesional yang berpengalaman, ada beberapa faktor kunci yang menandakan kuatnya dan kurangnya rasa desain pada sebuah ruangan.

Ada satu kesalahan dekorasi yang selalu diperhatikan desainer interior, yakni kesalahpahaman tentang skala.

Hal ini mungkin karena kurangnya mata yang terlatih untuk mencari bagian dengan proporsi yang sesuai atau tidak bisa memilih setiap elemen individu dengan hati-hati.

Beruntung, kesalahan dekorasi ini sangat mudah diperbaiki. Di bawah ini sejumlah kesalahan mendekorasi ruangan yang dilakukan orang menurut para desainer interior dan cara memperbaikinya dikutip dari Southern Living, Sabtu (18/2/2023). 

Baca juga: 8 Ide Dekorasi Kamar Tidur Kecil untuk 2 Anak, Apik dan Nyaman

Ukuran karpet yang salah 

Ilustrasi karpet di ruangan.Shutterstock/Photographee.eu Ilustrasi karpet di ruangan.
Karpet dapat mengubah keseluruhan estetika sebuah ruangan, mendefinisikan ruang dalam ruangan yang lebih besar, dan secara harfiah berfungsi sebagai platform untuk furnitur.

Kesalahan paling sering dilakukan orang dalam memilih karpet adalah ukurannya terlalu kecil. Di ruang keluarga, semua perabot harus memiliki setidaknya kaki depan di atas karpet untuk menciptakan tampilan yang menyatu serta membuat ruangan terlihat rapi dan tertata baik. 

Baca juga: 9 Ide Dekorasi Kamar Tidur Warna Hijau, Nyaman dan Menenangkan 

Penempatan furnitur yang salah

Tata letak furnitur adalah hal umum jika Anda merasa tergoda untuk mendorong semua furnitur ke dinding. Hal ini mungkin terlihat logis untuk membuat ruangan terlihat lebih besar, tapi juga dapat memiliki efek sebaliknya.

Lebih penting lagi, hal ini dapat membuat ruangan terasa terputus-putus tanpa titik fokus atau tujuan.

Sebagai gantinya, sebagian besar desainer menyarankan menarik furnitur ke arah satu sama lain, menciptakan sketsa yang lebih intim untuk percakapan. Sekarang Anda memiliki ruang di sepanjang dinding untuk memasang rak buku. 

Baca juga: 11 Ide Dekorasi Ruang Tamu Kecil dengan TV agar Tampak Apik

Melupakan karya seni

Ilustrasi ruang keluarga dengan nuansa warna biru. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi ruang keluarga dengan nuansa warna biru.
Selanjutnya, kesalahan mendekorasi ruangan yang dilakukan orang adalah melupakan karya seni. Padahal, karya seni adalah sentuhan akhir yang dapat mempercantik ruangan, tapi juga menghancurkannya. 

Namun, kesalahan yang dilakukan adalah menggantung karya seni terlalu tinggi. Maka itu, berhentilah menggantung bingkai di tengah-tengah antara meja masuk dan plafon.

Ketinggian yang ideal untuk karya seni adalah sejajar dengan mata atau sekitar 1,4 meter dari tanah ke tengah bingkai.

Saat menggantung sesuatu di atas perabot, jaga agar karya seni tetap berada dalam jarak beberapa inci dari bagian atas perabot. Ruang dan karya seni itu sendiriakan langsung terlihat lebih menyatu serta tampak lebih tinggi. 

Baca juga: 7 Kesalahan Dekorasi yang Membuat Rumah Terlihat Berantakan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com