Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Membersihkan Bulu Hewan Peliharaan dari Sofa

Kompas.com - 07/02/2023, 15:07 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber BHG

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjaga kebersihan sofa merupakan hal penting. Pasalnya, sofa yang jarang dibersihkan tak hanya membuat tampilannya kurang menarik dipandang, tapi juga menjadi sarang kuman dan berjamur.

Namun, membersihkan sofa bisa menjadi cukup merepotkan ketika bulu hewan peliharaan menempel, bahkan masuk ke celah-celah sofa.

Baca juga: 5 Cara Menjaga Rumah Tetap Bersih dari Bulu Hewan Peliharaan

Untungnya, hal ini dapat diatasi dengan menggunakan penyedot debu. Namun, sebelum mulai membersihkan bulu hewan peliharaan dari sofa, sebaiknya membaca terlebih dulu label perawatan pada sofa. 

Dengan demikian, dapat membersihkan sofa sesuai dengan prosedur serta tidak merusak material sofa. 

Nah, dlansir dari Better Homes and Gardens, Selasa (7/2/2023), berikut cara membersihkan bulu hewan peliharaan dari sofa. 

Baca juga: 5 Cara Mudah Menghilangkan Bulu Anjing dan Kucing dari Sofa

Gunakan penyedot debu

Ilustrasi membersihkan sofa. SHUTTERSTOCK/MARIAKRAY Ilustrasi membersihkan sofa.
Menggunakan penyedot debu untuk menghilangkan bulu hewan peliharaan dari sofa merupakan cara terbaik sekaligus paling mudah.

Selain membersihkan bulu, penyedot debu juga menyedot kotoran tubuh hewan yang dapat memicu alergi dan meninggalkan bau. 

Gunakan penyedot debu yang dilengkapi sikat dan dapat digunakan untuk membersihkan celah. Apabila alat penyedot debu tak dilengkapi perangkat tersebut, Anda dapat menggunakan penyedot debu genggam. 

Baca juga: 3 Benda yang Dapat Membersihkan Bulu Hewan Peliharaan di Rumah

Gunakan alat pembersih bulu 

Alat kecil pembersih bulu seperti sticky rollers dan sikat furnitur juga bisa digunakan untuk membersihkan bulu hewan peliharaan dari sofa. Alat-alat ini dapat digunakan di sela-sela menyedot debu. 

Sarung tangan karet 

Sarung tangan karena dapat digunakan untuk membersihkan bulu hewan peliharaan dari sofa.  Gunakan sarung tangan karet untuk mengusap permukaan sofa sehingga membuat bulu hewan peliharaan menempel dan terkumpul dengan mudah. 

Namun, sebelum melakukannya, pastikan memeriksa petunjuk pembersihan pada sofa. Selain sarung tangan, spons pencuci piring yang sedikit lembap juga dapat digunakan untuk membersihkan bulu hewan peliharaan dari sofa. 

Baca juga: 7 Tips Membersihkan Bulu Hewan Peliharaan dari Berbagai Benda di Rumah

Bersihkan bulu dari slipcovers, bantal, dan selimut sebelum dicuci

Bersihkan slipcover, bantal, selimut, dan bahan tekstil lain yang dapat dilepas sebelum masuk ke mesin cuci. Hair cathcers untuk mesin cuci dapat membantu menghilangkan bulu hewan peliharaan yang menempel pada kain.

Selain itu, cuka putih dan pelembut kain dapat membantu melepaskan bulu dari kain saat dicuci.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com