Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Membersihkan Bulu Hewan Peliharaan yang Menempel di Furnitur

Kompas.com - 20/05/2021, 10:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sudah diberi tempat tidur atau kandang yang nyaman, hewan peliharaan, baik anjing maupun kucing, sering kali masih tidur di sembarang tempat seperti sofa, karpet, kasur, serta furnitur lainnya di rumah.

Akibatnya, bulu mereka menempel di banyak tempat atau benda-benda di rumah. Bagi pemilik hewan peliharaan, menghilangkan bulu anjing atau kucing dari furnitur adalah pekerjaan sulit. 

Baca juga: Penyebab Bulu Kucing Rontok dan Cara Mengatasinya

Walau sudah menggunakan penyedot debu, bulu hewan peliharaan tidak selalu bisa dihilangkan. Bahkan penyedot debu kurang efektif untuk membersihkan bulu hewan. 

Namun, tak usah cemas, berikut ini tiga tips membersihkan bulu hewan peliharaan secara efisien tanpa harus memakai penyedot debu dilansir dari laman Home and Décor, Kamis (20/5/2021). 

Baca juga: Bahaya Mewarnai Bulu Kucing Menurut Dokter Hewan

Gunakan sarung tangan karet basah

Bulu hewan peliharaan yang menempel di furnitur sebagian besar karena statis alias tidak bergerak. Semakin bertekstur kainnya, seperti beludru atau korduroi, semakin banyak bulu yang bakal menempel.

Untuk menghilangkannya, kenakan sarung tangan karet, lalu basahi dengan air mengalir dari keran. Setelah basah, usapkan sarung tangan ke permukaan furnitur yang terdapat bulu. 

Baca juga: Pakai Jenis Kain Ini agar Bulu Anjing Tidak Menempel

Kombinasi tekstur pada sarung tangan dan listrik statis yang tercipta dapat membantu menarik bulu hewan peliharaan dari kain ke sarung tangan.

Masukkan mesin pengering

Umumnya, kita mencuci pakaian dan kain lainnya dengan memasukkannya terlebih dulu ke tabung pencucian, kemudian ke mesin pengering. Untuk kain yang terkena bulu hewan peliharaan justru sebaliknya. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Bulu Hewan Peliharaan yang Menempel di Pakaian

Saat mencuci sarung bantal dan alas tidur lainnya, masukkan ke dalam mesin pengering terlebih dahulu sebentar dengan siklus pendek.

Dengan cara ini, dapat membuat melonggarkan bulu hewan peliharaan dan menariknya ke dalam filter. 

Baca juga: Trik Atasi Bulu Hewan Peliharaan Rontok di Rumah

Gunakan batu apung

Batu apung tidak hanya baik untuk kaki, teksturnya yang kasar ternyata juga dapat menghilangkan bulu hewan peliharaan yang menempel di furnitur rumah.

Caranya sangat mudah. Goreskan batu apung di atas kain yang terkena rontokan bulu guna membantu mengendurkan bulu. Setelah kendur, Anda bisa menggunakan sarung tangan karet atau penyedot debu untuk menarik bulu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com