Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memilih Mesin Cuci Berkualitas Sesuai Kebutuhan

Kompas.com - 04/02/2023, 19:42 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin cuci adalah peralatan elektronik rumah tangga yang sangat bermanfaat untuk memudahkan mencuci pakaian. Akan tetapi, saat mempertimbangkan cara memilih mesin cuci berkualitas, diperlukan sedikit perencanaan lanjutan.

Pertama, dikutip dari Better Homes & Gardens, Sabtu (4/2/2023), ketahui kebutuhan Anda. Misalnya, berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk mencuci pakaian?

Apakah Anda memiliki keluarga besar yang membutuhkan pencucian pakaian setiap hari, atau apakah Anda lajang atau pasangan tanpa anak?

Baca juga: Ketahui, 7 Penyebab Mesin Cuci Nyetrum

Ilustrasi mesin cuci bukaan atas.Shutterstock/Opat Suvi Ilustrasi mesin cuci bukaan atas.

Penting juga untuk mempertimbangkan di mana ruang cuci atau mesin cuci akan diletakkan. Jika Anda seorang penghuni apartemen, ruang yang tersedia mungkin menjadi masalah.

Jika Anda memiliki rumah bertingkat, ruang mungkin masih menjadi masalah. Selain itu, apakah Anda perlu mempertimbangkan aksesibilitas kursi roda atau kebutuhan kesehatan lainnya?

Memikirkan kapan dan bagaimana Anda mencuci pakaian akan membantu Anda membandingkan mesin cuci dan memutuskan ukuran mesin cuci yang akan dibeli dan opsi siklus apa yang penting untuk kebutuhan keluarga

Saat akan membeli mesin cuci, poin utama yang perlu dipertimbangkan adalah biaya, jenis pemuatan, ukuran, kapasitas, siklus, dan efisiensi energi.

Baca juga: Cara Menggunakan Mesin Cuci Bukaan Depan yang Benar

Berikut beberapa cara memilih mesin cuci berkualitas sesuai kebutuhan.

1. Mesin cuci bukaan depan atau mesin cuci bukaan atas?

Fitur yang paling jelas untuk dipilih saat membeli mesin cuci adalah memilih mesin cuci bukaan depan atau mesin cuci bukaan atas. Masing-masing dilengkapi dengan pro dan kontra sendiri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com