Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Memilih Mesin Cuci Berkualitas Sesuai Kebutuhan

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin cuci adalah peralatan elektronik rumah tangga yang sangat bermanfaat untuk memudahkan mencuci pakaian. Akan tetapi, saat mempertimbangkan cara memilih mesin cuci berkualitas, diperlukan sedikit perencanaan lanjutan.

Pertama, dikutip dari Better Homes & Gardens, Sabtu (4/2/2023), ketahui kebutuhan Anda. Misalnya, berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk mencuci pakaian?

Apakah Anda memiliki keluarga besar yang membutuhkan pencucian pakaian setiap hari, atau apakah Anda lajang atau pasangan tanpa anak?

Penting juga untuk mempertimbangkan di mana ruang cuci atau mesin cuci akan diletakkan. Jika Anda seorang penghuni apartemen, ruang yang tersedia mungkin menjadi masalah.

Jika Anda memiliki rumah bertingkat, ruang mungkin masih menjadi masalah. Selain itu, apakah Anda perlu mempertimbangkan aksesibilitas kursi roda atau kebutuhan kesehatan lainnya?

Memikirkan kapan dan bagaimana Anda mencuci pakaian akan membantu Anda membandingkan mesin cuci dan memutuskan ukuran mesin cuci yang akan dibeli dan opsi siklus apa yang penting untuk kebutuhan keluarga

Saat akan membeli mesin cuci, poin utama yang perlu dipertimbangkan adalah biaya, jenis pemuatan, ukuran, kapasitas, siklus, dan efisiensi energi.

Berikut beberapa cara memilih mesin cuci berkualitas sesuai kebutuhan.

1. Mesin cuci bukaan depan atau mesin cuci bukaan atas?

Fitur yang paling jelas untuk dipilih saat membeli mesin cuci adalah memilih mesin cuci bukaan depan atau mesin cuci bukaan atas. Masing-masing dilengkapi dengan pro dan kontra sendiri.

Mesin cuci bukaan atas standar yang memutar cucian dengan agitator sentral biasanya merupakan opsi termurah di awal. Namun, biayanya mungkin lebih mahal dalam jangka panjang karena menggunakan lebih banyak energi dan air.

Model yang lebih baru tidak memiliki agitator ini, yang dapat merusak pakaian. Mesin cuci bukaan atas adalah pilihan yang baik jika Anda memiliki masalah punggung atau lutut karena Anda dapat menjangkau mesin cuci dengan sedikit tekukan.

Mesin cuci bukaan depan tidak memiliki agitator dan biasanya lebih mahal di muka.

Namun, mesin cuci ini berputar lebih cepat, mengekstraksi lebih banyak air (yang mengurangi waktu pengeringan), dan menggunakan lebih sedikit air selama satu siklus, menjadikannya hemat energi dan ramah lingkungan.

Pun mesin cuci bukaan depan lebih mudah diakses oleh pengguna kursi roda. Jika Anda mencuci banyak linen, mesin cuci bukaan depan lebih baik melakukannya tanpa kehilangan keseimbangan.

2. Ukuran mesin cuci

Ukur ruang tempat Anda akan meletakkan mesin cuci sebelum membelinya. Untuk bongkar muat, Anda harus memberikan jarak 36 inci di depan mesin cuci.

Memasang mesin cuci sekitar 15 inci dari lantai akan membuat bongkar muat lebih nyaman. Cari alas tumpuan kokoh yang dibuat khusus untuk model mesin cuci Anda.

3. Kapasitas mesin cuci

Saat memilih mesin cuci, pertimbangkan berapa banyak cucian yang akan ditampungnya. Kapasitas tergantung pada ukuran keranjang cucian.

Keluarga dengan anak-anak yang melakukan beberapa beban setiap hari mungkin menyukai kenyamanan mesin cuci berkapasitas besar untuk mengurangi jumlah beban yang dibutuhkan.

Mesin cuci berkapasitas lebih kecil, yang menggunakan lebih sedikit air dan energi, bisa ekonomis untuk lajang dan pasangan.

4. Efisiensi energi

Mesin cuci efisiensi tinggi (hemat air dan energi) menghemat energi dan memperpanjang masa pakai pakaian dan linen. Beberapa mesin mungkin menggunakan deterjen efisiensi tinggi khusus.

Jumlah deterjen yang dibutuhkan bergantung pada ukuran muatan, bukan air yang digunakan, jadi periksalah petunjuk produsennya.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/02/04/194257676/cara-memilih-mesin-cuci-berkualitas-sesuai-kebutuhan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke