Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menggunakan Mesin Cuci Bukaan Depan yang Benar

Kompas.com - 04/02/2023, 09:20 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada dua jenis mesin cuci yang dijual di pasaran, yakni mesin cuci bukaan atas dan mesin cuci bukaan depan. Untuk Anda yang terbiasa dengan mesin cuci bukaan atas, menggunakan mesin cuci bukaan depan bisa jadi cukup rumit.

Dikutip dari The Spruce, Sabtu (4/2/2023), mesin cuci bukaan depan sudah lama menjadi mesin cuci standar di Eropa dan Asia. Mesin cuci ini pun telah ada di Amerika Serikat selama bertahun-tahun di pasar mesin cuci komersial.

Akan tetapi, kesadaran hemat air dan energi dalam beberapa waktu terakhir membuat mesin cuci bukaan depan semakin populer untuk digunakan di rumah.

Baca juga: Mesin Cuci Bukaan Atas Vs Bukaan Depan, Mana yang Lebih Bagus?

Ilustrasi mesin cuci, mesin cuci bukaan depan.FREEPIK/RAWPIXEL.COM Ilustrasi mesin cuci, mesin cuci bukaan depan.

Karena semakin banyak rumah yang menggunakan mesin cuci bukaan depan, maka penting untuk mengetahui cara menggunakan mesin cuci bukaan depan dengan benar dan cara kerjanya untuk membersihkan pakaian.

Berikut cara menggunakan mesin cuci bukaan depan yang benar agar pakaian dapat dicuci dengan baik dan bersih.

1. Penggunaan air

Salah satu kelebihan mesin cuci bukaan depan adalah efisiensi energi. Mesin cuci ini menggunakan air yang jauh lebih sedikit, hanya sekitar 49 liter, daripada mesin cuci bukaan atas yang bisa menggunakan air dua kali lebih banyak.

Mesin cuci ini juga dapat memutar pakaian dengan kecepatan tinggi untuk mengekstraksi lebih banyak air dan mengurangi waktu dalam pengering.

Baca juga: 5 Penyebab Pengering Mesin Cuci Berputar Pelan

Akan tetapi, bagi banyak pengguna mesin cuci bukaan depan pertama kali, level air yang sangat rendah sangat mengganggu. Bahkan, sering kali Anda hampir tidak dapat melihat air di mesin cuci.

Setelah pakaian dimasukkan ke dalam mesin cuci bukaan depan, mesin menambahkan sedikit air biasanya di bawah ketinggian pintu dan mulai berjatuhan. Saat air diserap oleh pakaian, mesin akan menyemprotkan lebih banyak air untuk menjaga ketinggian air.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com