Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui, Ini Usia Hidup Anjing dan Cara Memperpanjang Umurnya

Kompas.com - 23/01/2023, 15:57 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing merupakan hewan peliharaan yang setia, lucu, dan menyenangkan. Ada banyak perilaku anjing peliharaan yang membuat gemas, sayang, dan meluluhkan hati keluarga manusianya. 

Tak heran, apabila salah satu bagian terburuk dari kepemilikan anjing adalah bahwa sahabat bulu tidak bisa hidup selama kita atau terus menemani kita selamanya.  

Baca juga: 5 Cara Mengetahui Usia Anjing Peliharaan dari Karakter Fisik

Ini berarti sebagai pemilik anjing perlu memikirkan umur anjing dan berapa lama anjing biasanya hidup. 

Dengan mengetahui usia anjing hidup, dapat membantu Anda memberikan perawatan yang lebih baik, bahkan membuatnya umur panjang dari rata-rata. 

Georgina Ushi Phillips, dokter hewan yang berbasis di Florida, Amerika Serikat, mengatakan bahwa ada banyak sekali variasi umur di antara ras-ras anjing sehingga sulit memberikan usia rata-rata untuk semua anjing. 

Baca juga: 8 Ras Anjing Paling Setia di Dunia, dari Shiba Inu sampai Beagle

Ilustrasi anjing Pembroke Welsh Corgi. PIXABAY/MolnarSzabolcsErdely Ilustrasi anjing Pembroke Welsh Corgi.
Namun, kata Philips, usia anjing dapat diuraikan berdasarkan ukurannya. Misalnya, ras anjing raksasa, seperti Great dane dan Saint bernard, dapat hidup tujuh hingga 10 tahun.

Anjing berukuran sedang, seperti Border collie dan Beagle, memiliki usia hidup 11-14 tahun.
Ras anjing kecil, seperti Chihuahua dan Dachshund, dapat bertahan hidup 14-20 tahun.

"Kami masih belum sepenuhnya memahami mekanisme yang menyebabkan anjing lebih besar menua lebih cepat, tetapi tampaknya ada kaitannya dengan pertumbuhan mereka yang cepat," katanya Philips dikutip dari Southern Living, Senin (23/1/2023). 

Baca juga: Mainan Kunyah Membantu Anjing Menyikat Giginya Sendiri

Ras anjing yang hidup paling lama dan pendek 

Chihuahua adalah salah satu ras anjing yang hidup paling lama, rata-rata hingga 20 tahun, tetapi ras anjing kecil lainnya seperti Jack russel, Pudel toy, Dachshund, dan Shih tzu, dapat hidup lebih dari 15 tahun. 

"Ketika berbicara tentang anjing berukuran sedang, Australian cattle dog dan anjing Australian shepherd adalah salah satu ras yang hidup paling lama dengan rentang hidup sekitar 13-15 tahun," ucap Philips.

Satu studi tentang anjing Australian cattle menemukan ras ini hidup sekitar satu tahun lebih lama daripada ras dengan ukuran yang sama. 

Baca juga: Studi Ungkap Anjing Dapat Memprediksi Gempa Bumi, Ini Caranya

Faktanya, anjing tertua yang masih hidup yang tercatat adalah anjing Australian cattle  bernama Bluey yang hidup hingga usia 29 tahun. 

Ketika berbicara usia anjing terpendek, ras anjing raksasa biasanya berada di urutan teratas dalam daftar, termasuk anjing mastiff dan Great dane dengan umur anjing enam hingga 10 tahun serta anjing Irish wolfhounds yang memiliki umur sekitar enam hingga delapan tahun.

Berbeda dengan Chihuahua, anjing Bernese mountain hanya hidup enam hingga delapan tahun karena sangat rentan terhadap kanker.  

Baca juga: 8 Fakta Menarik Anjing Shiba Inu, Sangat Setia dan Nyaris Punah

Cara memperpanjang usia anjing 

Ilustrasi anjing Border collie.Shutterstock/Ksenia Raykova Ilustrasi anjing Border collie.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com