Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Hal Aneh yang Dilakukan Anjing Setelah Membuang Kotoran

Kompas.com - 09/01/2023, 16:33 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Treehugger

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu hal tak mengenakan saat memelihara anjing adalah membersihkan kotorannya. 

Namun, anjing juga sering menunjukkan perilaku aneh setelah membuang kotoran yang membuat pemilik bertanya-tanya seperti berputar-putar, menatap Anda, hingga menendang kotorannya.  

Baca juga: Jangan Dilakukan, Ini 5 Perilaku Manusia yang Dibenci Anjing

Tak sedikit pemilik yang bertanya-tanya apakah semua hal itu normal. Rupanya, perilaku anjing tersebut memiliki penjelasan menarik.

Berikut beberapa hal aneh yang dilakukan anjing setelah membuang kotoran dikutip dari Treehugger, Senin (9/1/2023).  

Kontak mata

Ilustrasi anjing Pembroke Welsh Corgi. PIXABAY/MolnarSzabolcsErdely Ilustrasi anjing Pembroke Welsh Corgi.
Saat membuang air besar, terkadang memperhatikan bahwa anjing menatap Anda. Namun, Anda tidak menatap anjing agar memberinya sedikit privasi.

Anjing menatap Anda karena ketika dalam posisi buang air besar, sahabat buly rentan dan  mencari Anda untuk melindunginya.

Baca juga: Cara Mendeteksi Kulit Terbakar Matahari pada Anjing dan Mengatasinya 

"Anjing secara naluriah menyadari ketidakberdayaannya, tetapi anjing juga tahu bahwa dia adalah bagian dari 'kelompok' Anda. Anda adalah anggota kelompok keluarga," tulis dokter hewan, Kathryn Primm.

Anjing memperhatikan Anda selama buang air besar karena bergantung pada Anda untuk memberinya sinyal bahasa tubuh atau "peringatan" jika dia merasa takut.

Bersembunyi 

Selanjutnya, hal aneh yang dilakukan anjing setelah membuang kotoran adalah bersembunyi. Kebalikan dari kontak mata, beberapa anjing menginginkan privasi lebih ketika pergi ke kamar mandi.

Anjing peliharaan mungkin merunduk di balik semak atau bersembunyi di balik pohon ketika harus pergi karena merasa lebih aman saat tersembunyi. Ini tentang mengurangi rasa kerentanan mereka. 

Baca juga: 7 Ras Anjing Berkepribadian Lembut di Dunia, Cocok untuk Anak-anak

Berputar

Ilustrasi anjing Dalmatian.PIXABAY/SonjaLindberg Ilustrasi anjing Dalmatian.
Beberapa anjing berputar-putar sebelum memilih tempat yang sempurna untuk buang air besar. Sambil berputar, anjing dapat memeriksa sekelilingnya guna memastikan bahwa itu adalah tempat yang aman untuk jongkok.

Selain itu, dengan berputar-putar, anjing meratakan rumput sehingga memudahkan anjing lain melihat apa yang mereka tinggalkan dan mencegah rumput yang mengganggu menggelitik mereka di tempat mengejutkan.

Tindakan berputar-putar dan mengendus juga membantu menstimulasi usus anjing.

Pada 2013, sebuah tim peneliti Ceko dan Jerman memantau 70 anjing dari 37 ras selama periode dua tahun dan menyaksikan total 1.893 "endapan".

Mereka menemukan sebagian besar anjing berputar-putar sebelum buang air besar. Menariknya, peneliti juga menemukan banyak anjing lebih suka buang air besar dengan tubuh sejajar. 

Baca juga: 5 Ras Anjing Terkecil di Dunia, dari Chihuahua hingga Papillon

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com