Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mainan Kunyah Membantu Anjing Menyikat Giginya Sendiri

Kompas.com - 23/01/2023, 14:39 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyikat gigi anjing peliharaan tak hanya menjaga kesehatan gigi dan mulut, tapi juga mencegah gigi mengalami kerusakan, mencegah tagihan dokter hewan yang mahal, serta menghilang bau mulut. 

Selain itu, diperkirakan ada sekitar 80 persen anjing berusia di atas tiga tahun memiliki beberapa jenis penyakit gigi sehingga membutuhkan perhatian ekstra pada giginya. 

Baca juga: Panduan Cara Menyikat Gigi Anjing Peliharaan untuk Pemula

Sayangnya, menyikat gigi anjing peliharaan menjadi tugas yang sulit dilakukan. Pasalnya, banyak anjing yang tidak bisa tenang, bahkan berontak kabur saat tiba waktunya menyikat gigi.

Akibatnya, hanya sedikit pemilik anjing peliharaan yang mau bersabar dan menyikat gigi sahabat bulu secara teratur. Namun, merawat dan menyikat gigi anjing peliharaan penting dilakukan. 

Beruntung, bagi pemilik yang kesulitan menyikat gigi anjing peliharaan, ada alternatif yang bisa membantu.

Baca juga: 4 Cara Mencegah Anak Kucing Menggigit Saat Tumbuh Gigi

Ilustrasi anjing Siberian husky.Shutterstock/Vivienstock Ilustrasi anjing Siberian husky.
Dilansir dari Mental Floss, Senin, (23/1/2023), Anda bisa menggunakan Bristly, yakni mainan kunyah yang berfungsi sebagai sikat gigi.

Mainan ini membantu anjing peliharaan menyikat gigi dengan sendiri sehingga tidak akan berontak. Maianan anjing ini berbentuk seperti tongkat pogo kecil dengan dasar rata sehingga anjing dapat menstabilkannya dengan cakarnya saat mencabik-cabik bulu tongkat dengan giginya.

Bulu-bulunya dilapisi dengan perasa daging untuk mendorong anjing mengunyah. Selain itu, terbuat dari material dan bertekstur karet yang lembut sehingga tidak sakit saat anjing mengunyahnya.

Tongkat ini dapat diolesi pasta gigi anjing dan dilengkapi dengan bulu-bulu yang dapat menyikat gigi anjing saat mengigit atau memainkannya.  

Baca juga: 7 Kegunaan Pasta Gigi untuk Membersihkan Rumah

Mainan anjing ini desain dengan mudah agar anjing peliharaan dapat menggunakannya tanpa harus mengangkat jari.

Selain itu, Anda tak perlu repot membantu anjing menggunakannya. Cukup oleskan pasta gigi pada mainan tersebut dan anjing akan mulai mengigitnya. 

Mainan kunyah ini tersedia dalam tiga ukuran serta dalam versi tugas berat yang dibuat untuk anjing yang cenderung menggigit apa pun yang bisa mereka jangkau. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com