Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Jamur pada Sealant Karet Jendela

Kompas.com - 07/01/2023, 17:11 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Express

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada jendela, sealant silikon atau karet menjadi bagian yang penting karena dapat mencegah air hujan masuk ke dalam ruangan.

Masuk akal untuk berpikir bahwa dengan kualitas sealant silikon yang tahan air, jamur tidak akan dapat tumbuh di atasnya. 

Namun, seiring waktu, sealant karet atau silikon dapat terlepas dari permukaan sehingga air mulai terkumpul di belakang.

Baca juga: 5 Manfaat Membersihkan Jendela dengan Jasa Pembersih Komersil

Ilustrasi jendela alumium, kusen jendela aluminium.SHUTTERSTOCK/PINGPHUKET Ilustrasi jendela alumium, kusen jendela aluminium.
Jamur dapat hidup dan berkembang biak pada lingkungan yang lembap.

Spora mikroskopis yang dikeluarkan oleh jamur dapat mendarat di tempat yang lembap dan tumbuh.

Dilansir Express.co.uk, Sabtu (7/1/2023), ada beberapa cara untuk menghilangkan jamur dari sealant silikon, salah satunya dengan menggunakan cuka putih dan baking soda atau soda kue. 

Buat pasta soda kue 

Untuk menggunakan kedua bahan tersebut, Anda harus mencampurnya hingga berbentuk pasta. Kemudian, oleskan ke sealant silikon jendela di rumah dan diamkan selama satu jam.

Baca juga: 8 Cara Mengecat Ulang Kusen Jendela Kayu

Setelah satu jam, gosok permukaan sealant dan bersihkan dengan air dingin. 

Ini akan menghilangkan jamur dan bau apak yang ada di sealant silikon tersebut. Lakukan hal ini secara rutin, agar jamur tidak menetap di sealant yang lembap, khususnya di jendela kamar mandi.

Sementara itu, para ahli di Cleanipedia merekomendasikan untuk membiarkan pasta tersebut setidaknya selama 30 menit sebelum dibersihkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com