Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Daun Lidah Mertua Menguning dan Solusinya

Kompas.com - 20/12/2022, 11:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman lidah mertua adalah salah satu tanaman hias populer. Lidah mertua dikagumi karena kemampuannya untuk tumbuh subur di berbagai lingkungan dan merupakan salah satu tanaman hias yang mudah dirawat.

Di samping estetikanya, tanaman lidah mertua memiliki manfaat kesehatan yang tersembunyi dan dapat menghilangkan polutan beracun di udara. Namun, ini tidak berarti tanaman lidah mertua tidak berisiko mengalami masalah.

Salah satu masalah yang sering terjadi pada tanaman lidah mertua adalah daun lidah mertua menguning.

Baca juga: Seberapa Sering Harus Menyiram Tanaman Lidah Mertua?

Ilustrasi tanaman hias lidah mertua di dalam ruangan.SHUTTERSTOCK/ADAM YEE Ilustrasi tanaman hias lidah mertua di dalam ruangan.

Penyebab daun lidah mertua menguning kemungkinan besar merupakan salah satu atau kombinasi dari masalah, antara lain sebagai berikut, dikutip dari Homes & Gardens, Selasa (20/12/2022).

1. Kebiasaan menyiram

Mengetahui kapan menyiram tanaman dengan benar adalah salah satu hal paling berdampak yang dapat Anda lakukan.

Dalam kasus tanaman lidah mertua, masalahnya sering terlalu sering menyiram.

Tanaman lidah mertua akan dengan senang hati pergi berminggu-minggu tanpa disiram. Namun, hal ini membuat mereka sangat rentan terhadap masalah penyiraman yang berlebihan, jelas Brody Hall, ahli hortikultura bersertifikat dan salah satu pendiri di The Indoor Nursery.

Baca juga: 5 Manfaat Meletakkan Lidah Mertua di Kamar Tidur

Pakar menyarankan untuk menyiram tanaman lidah mertua setiap dua minggu sekali, atau ketika tanah pot terlihat dan terasa sekitar 50 persen kering.

Chris Chan, pakar dari Garden Bench Top mengatakan, lidah mertua suka tanahnya mengering di antara penyiraman. Jika tanaman ini berada di tanah yang terus-menerus lembap daunnya bisa mulai menguning karena stres air.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com