Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memilih Makanan Anjing Sesuai Tahap Kehidupan

Kompas.com - 08/12/2022, 11:46 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Nutrisi atau makanan adalah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi setiap makhluk hidup, termasuk anjing peliharaan.

Nutrisi ini membantu anjing tumbuh dan berkembang secara sehat serta aktif. Namun, makanan anjing bukan sekadar mengenyangkan saja, melainkan harus memenuhi semua nutrisi yang dibutuhkan hewan demi menjaga kesehatannya serta menunjang tumbuh kembangnya. 

Baca juga: Perbedaan Makanan Anjing dan Kucing, Bolehkan Mencampurnya?

Banyaknya pilihan makanan anjing yang tersedia di pasaran membuat para pemilik sering kali kebingungan memilih yang terbaik, dari kibble (makanan kering), makanan basah kalengan, hingga lainnya.

Meski terlihat tidak menyehatkan, menurut Diah Pawitri, dokter hewan di Klinik Hewan Vetnic Care, Bekasi, mengatakan makanan anjing olahan justru mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan anjing untuk tetap sehat.

Anjing membutuhkan berbagai nutrisi dari makanannya, baik karbohidrat, protein, vitamin, hingga serat.

Baca juga: Kenali, Ini Perbedaan Makanan Anjing dan Kucing 

"Berbagai kebutuhan ini biasanya telah terukur dengan seimbang dan tertera pada label makanan anjing, baik kibble maupun makanan basah," ucap Diah dalam siaran pers IAMS yang diterima Kompas.com, Kamis (8/12/2022). 

Akan tetapi, setiap anjing membutuhkan nutrisi berbeda, tergantung pada usia dan setiap tahap kehidupannya, dari anak anjing, anjing dewasa, anjing senior, hingga lanjut usia. 

Tentu saja, kebutuhan nutrisi anak anjing berbeda dengan anjing dewasa karena masih berada dalam tahapan awal kehidupan. Nah, berikut kebutuhan nutrisi dan cara memilih makanan anjing peliharaan berdasarkan tahap kehidupannya.  

Baca juga: 5 Cara Memperkenalkan Anjing Peliharaan ke Rumah Baru

Makanan anak anjing 

Ilustrasi anjing makan, memberi makan anjing dengan daging mentah. FREEPIK/DORYANAM Ilustrasi anjing makan, memberi makan anjing dengan daging mentah.
Anak anjing membutuhkan nutrisi yang cukup untuk mendorong pertumbuhan yang cepat, terutama setelah beralih dari ASI sang induk.

Diah mengatakan anak anjing membutuhkan nutrisi lengkap dan seimbang dengan protein untuk membantu membangun jaringan, lemak untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, otak, dan penglihatan, serta karbohidrat untuk memenuhi kebutuhan energi, vitamin, serta mineral.

Asupan makanan anak anjing juga harus disertai dengan kebutuhan air yang cukup. Kebutuhan nutrisi seimbang pada anak anjing dimulai sejak dalam kandungan hingga ke tahap laktasi dan pertumbuhan.

Nutrisi yang cukup untuk sang induk sangat penting guna membantu pertumbuhan anak anjing di dalam rahim serta mempersiapkannya untuk tahapan kehidupan baru setelah lahir.

Baik induk maupun anak anjing harus mendapatkan antioksidan, DHA, dan
prebiotik yang cukup guna mendukung kesehatan serta pertumbuhannya.  

Baca juga: 3 Cara Meningkatkan Nutrisi Seimbang pada Makanan Anjing

Makanan anjing dewasa 

Ilustrasi anjing makan. Cokelat bisa berbahaya untuk anjing. Anjing makan cokelat bisa menyebabkan mereka keracunan. Shutterstock/Chendongshan Ilustrasi anjing makan. Cokelat bisa berbahaya untuk anjing. Anjing makan cokelat bisa menyebabkan mereka keracunan.
Makanan anjing dewasa memiliki kandungan nutrisi yang sedikit berbeda karena disesuaikan dengan kebutuhannya yang lebih spesifik.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa anjing dewasa membutuhkan setidaknya 10 persen kalori harian dari protein dan setidaknya 5,5 persen dari lemak. Anjing dewasa membutuhkan protein untuk melindungi otot dan daya tahan tubuhnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com