Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Noda Karat pada Shower Kamar Mandi

Kompas.com - 26/11/2022, 12:08 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi merupakan salah satu area paling lembap di rumah. Kondisi ini dapat memberikan efek buruk terhadap semua benda yang ada di dalamnya, salah satunya shower atau pancuran.

Shower dapat menumpuk noda air, buih sabun, kotoran, bahkan jamur jika tidak dibersihkan secara teratur. Bahkan tak jarang, shower menjadi berkarat karena terus terpapar air atau residu. 

Menurut Merry Maids, membersihkan shower kamar mandi perlu dilakukan setidaknya seminggu sekali.  

Baca juga: 5 Langkah Membersihkan Kepala Shower yang Berkerak

Penyebab shower berkarat 

Ilustrasi shower, Ilustrasi kepala showerShutterstock/ben bryant Ilustrasi shower, Ilustrasi kepala shower
Sebagai oksida besi, karat terbentuk ketika besi, oksigen, dan kelembapan berinteraksi. Meski tidak terlalu sulit membersihkannya, noda karat pada shower kamar mandi dapat muncul kembali jika tidak ditangani dengan benar.

Menurut Express Sewer & Drain, noda karat pada shower kamar mandi dapat mengindikasikan tingginya tingkat partikel karat atau bakteri di dalam air seperti pipa berkarat.

Ini juga menandakan bahwa Anda memiliki air sadah, yakni air keras yang mengandung peningkatan kadar kalsium dan magnesium. 

Baca juga: Cara Mengatasi Kepala Shower yang Mampet dengan Cuka Putih

Air sadah ini juga menyebabkan peningkatan penumpukan buih sabun, menyebabkan pipa tersumbat kulit kering, serta kulit kepala gatal.

Untuk mencegah noda karat tidak berulang, pasang sistem penyaringan atau pelunakan air untuk mengolah isi air.

Jika masalah berlanjut, Anda mungkin harus menyewa tukang ledeng untuk memeriksa adanya masalah pada pipa ledeng  dan merekomendasikan saran ahli mereka.  

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Kepala Shower, Rendam di Cuka dan Cola

Cara membersihkan noda karat

Untungnya, salah satu cara terbaik mengangkat noda karat dari shower adalah menggunakan larutan kombinasi dari baking soda dan cuka.

Duo pembersih rumah tangga yang kuat ini dikenal dapat menangani banyak kekacauan rumah, termasuk kamar mandi.

Menurut Treehugger, menggunakan baking soda dan cuka di kamar mandi dapat menghilangkan buih sabun dan penumpukan air sadah. 

Untuk menghilangkan karat pada shower dengan larutan ini, gunakan sarung tangan terlebih dulu untuk menjaga tangan tetap bersih dan tidak iritasi. 

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memasang Shower di Kamar Mandi

Meski lebih aman daripada banyak pembersih kamar mandi keras dipasaran, larutan baking soda dan cuka reaksi kimianya masih dapat mengiritasi atau mengeringkan kulit.

Selanjutnya, taburkan baking soda pada area yang terkena noda, lalu ikuti dengan menyiram cuka. Gosok dengan spons atau sikat untuk menghilangkan karat secara menyeluruh.

Ulangi proses ini jika noda masih ada dan diamkan larutan beberapa saat sebelum digosok. Untuk noda pada dinding shower, Anda bisa mengoleskan baking soda dan cuka langsung ke spons agar mudah diaplikasikan sebelum menggosok semuanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com