Kompas.com - 05/07/2022, 17:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemasangan shower di kamar mandi tidak boleh dilakukan secara asal. Pemasangan shower harus dilakukan pada tinggi yang tepat agar semua anggota keluarga bisa menggunakannya dengan nyaman.

Sebab, shower yang dipasang terlalu tinggi tentu akan menyulitkan anggota keluarga yang bertubuh pendek. Sebaliknya, pemasangan shower yang terlalu pendek menyulitkan mereka yang bertubuh tinggi. 

Baca juga: 5 Tanaman yang Bisa Ditaruh di Dalam Area Shower

Lantas, berapa tinggi ideal memasang shower di kamar mandi?

Dilansir dari Homely Ville, Selasa (5/7/2022), pemasangan shower idealnya pada ketinggian setidaknya dua meter dari permukaan lantai kamar mandi. Namun, hal ini tetap bergantung pada tinggi anggota keluarga dan selera masing-masing.

Akan tetapi, ada sejumlah hal lain yang perlu dipertimbangkan sebelum memasang shower agar tingginya dapat membuat siapa pun yang menggunakannya merasa nyaman. 

Baca juga: 4 Tanda Perlu Mengganti Kepala Shower

Tinggi badan 

Ilustrasi shower, kepala showerFREEPIK/FREEPIK Ilustrasi shower, kepala shower

Seperti disebutkan sebelumnya, tinggi badan anggota keluarga menentukan ketinggian pemasangan shower. Apakah tinggi ideal dua meter tersebut sudah tepat dengan ketinggian rata-rata anggota keluarga di rumah. 

Meski demikian, shower harus tetap berada setidaknya tujuh sampai 10 sentimeter di atas kepala, terlepas dari tinggi pemasangan apakah tetap dua meter atau tidak.

Baca juga: 3 Cara Membersihkan Pintu Kaca Shower agar Tetap Mengilap  

Tekanan air 

Tekanan air yang diberikan oleh sistem pipa dapat mempengaruhi posisi shower. Jika tekanan cukup rendah, posisikan shower sedikit lebih rendah.

Sementara untuk air bertekanan tinggi yang membuat kulit terasa sakit, sebaiknya posisikan shower sedikit lebih tinggi untuk mengurangi intensitas tekanannya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.