Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Perbedaan Anjing Tibetan Mastiff dan English Mastiff

Kompas.com - 25/10/2022, 20:01 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa ras anjing di dunia ini termasuk dalam beberapa jenis anjing tertentu. Misalnya, anjing Retriever mencakup Golden retriever, Labrador retriever, dan Chesapeake bay retriever.

Ada pula jenis anjing Mastiff yang mencakup Tibetan mastiff dan English mastiff. Namun, keduanya tidak memiliki penampilan yang sama dengan anjing dalam jenis Retriever. 

Disadur dari Pawcited, Selasa (25/10/2022), berikut sejumlah perbedaan anjing Tibetan mastiff dan English mastiff. 

Baca juga: 12 Fakta Menarik Tibetan Mastiff, Anjing Termahal di Dunia

Sejarah English mastiff

Ilustrasi anjing English Mastiff.SHUTTERSTOCK / Ricantimages Ilustrasi anjing English Mastiff.

Awalnya, English mastiff kuno telah dibiakkan untuk menjaga kawanan atau berpartisipasi dalam pertempuran. Ada klaim yang mengatakan anjing English mastiff bertubuh jauh lebih ramping dan kecil. Ini membuatnya mampu berperang di bawah sinar matahari terik tanpa langsung kelelahan. 

English mastiff bertugas sebagai penjaga lapangan serta memastikan keselamatan ternak para petani pada siang dan malam hari. English mastiff tiba di Inggris dan warga langsung tertarik padanya.

Walhasil, pengembangbiakkan lebih lanjut pun dilakukan, terutama pada temperamen dan digunakan untuk menjaga properti.

Saat sabung anjing dilarang dan dua perang dunia terjadi, ternyata English mastiff hampir punah. Untungnya, dua English mastiff dari Kanada didatangkan untuk menghidupkan kembali ras anjing ini

Baca juga: 9 Fakta Menarik English Mastiff, Anjing Paling Besar di Dunia

Sementara itu, Tibetan mastiff datang dari Tibet dan dipercaya sudah ada selama berabad-abad. Namun, tidak ada cukup catatan yang dapat melacak sejarahnya. 

Akan tetapi, diyakini bahwa ada anjing seperti Mastiff yang mulai ada pada 5.000 tahun yang lalu di Tibet dan mereka kemungkinan besar adalah nenek moyang dari Tibetan mastiff.

Tibetan mastiff terdiri atas dua jenis, yakni Do-Khyi dan Tsang-Khyi. Do-Khyi berfungsi sebagai anjing penjaga kawanan atau pendamping para gembala nomaden.

Sementara itu, Tsang-Khyi berfungsi sebagai penjaga biksu atau lama Buddha Tibet. Pada 1847, anjing pertama dari Tibet diimpor ke Inggris sebagai hadiah untuk Ratu Victoria dari Lord Hardinge, seorang wakil raja dari India.

Baca juga: 10 Ras Anjing Terkuat dan Bertubuh Besar di Dunia, Ada Rottweiler

Ukuran, penampilan, dan warna bulu

Ilustrasi anjing - Anjing ras Tibetan Mastiff.SHUTTERSTOCK / Olga Aniven Ilustrasi anjing - Anjing ras Tibetan Mastiff.

English mastiff memiliki ciri khas warna hitam yang mengelilingi area mata hingga ke mulutnya, yang terdapat kulit rahang yang longgar (loose jowl).

Matanya tidak terlalu berdekatan dan biasanya berwarna coklat atau hazel. Warna telinganya sama dengan wajahnya sehingga turut terlihat menonjol. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com