Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Fakta Menarik Anjing Border Collie, Raih Banyak Rekor dan Jadi Aktor

Kompas.com - 21/10/2022, 11:48 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Border collie adalah salah satu ras anjing murni paling berbakat, pekerja keras, cerdas, menyenangkan, dan energik. 

Saking energiknya, pemilik atau mereka yang ingin memelihara anjing ini perlu menyediakan waktu dan sarana untuk membuatnya tetap sibuk. 

Baca juga: Kerap Dikira Sama, Ini Perbedaan Siberian Husky dan Serigala

Selain itu, memberikan latihan yang konsisten untuk menjaganya tetap. Namun, anjing Border Collie juga suka dimanja pemiliknya setelah seharian bermain.

Border collie merupakan ras anjing penggembala berukuran sedang yang dapat berdiri 45-55 sentimeter dari bahu.

Anjing Border collie memiliki tampilan atletis, berotot, mata bulat seperti almond dengan tatapan yang intens. Tatapan mata ini menjadi ciri khas dari anjing Border collie

Border Collie juga mempunyai bulu yang halus dan kasar dengan berbagai warna serta pola kombinasi, dari hitam dan putih, putih dan coklat, hitam dan coklat, hingga kombinasi ketiganya. 

Untuk mengenal lebih dalam, berikut sejumlah fakta menarik anjing Border collie dilansir dari berbagai sumber, Jumat (21/10/2022). 

Baca juga: 8 Fakta Menarik Anjing Jack Russell Terrier, Sudah Ada Sejak 1800-an

Nama mereka berasal dari daerah asalnya

Ilustrasi anjing Border collie.PIXABAY/bogitw Ilustrasi anjing Border collie.
Dikutip dari AKC, anjing Border collie awalnya dikembangkan di Skotlandia dan berkembang pesat di wilayah perbatasan Skotlandia dan Inggris.

Kata "collie" adalah kata Scotch yang digunakan untuk menggambarkan anjing gembala. Karena ras ini berkembang biak di wilayah perbatasan, ia pun diberi nama "Border collie" 

Baca juga: Mirip Kuda, Ini 6 Ras Anjing Berwajah Panjang

Awalnya untuk mengembalakan domba

Selanjutnya fakta menarik anjing Border collie adalah awalnya dibiakkan untuk mengumpulkan dan mengembalakan domba di negara perbatasan berbukit antara Skotlandia dan Inggris karena kemampuannya mengendalikan kawanan. 

Dikutip dari Dog Time, di negara perbatasan antara Skotlandia dan Inggris, anjing penggembala menjadi salah satu aset paling berharga yang dimiliki seorang gembala dan anjing pekerja terbaik dikembangbiakkan satu sama lain. 

Anjing penggembala ini menjadi terkait dengan daerah khusus mereka dan akhirnya mendapat namanya dari daerahnya berasal. 

Hari ini, Border collie diakui sebagai anjing penggembala utama dan masih digunakan sampai sekarang untuk mengembalakan domba di peternakan di seluruh dunia. Border collie diakui oleh American Kennel Club (AKC), Badan Pengasuhan Anjing Amerika Serikat, pada 1 Oktober 1995. 

Baca juga: 7 Fakta Menarik Anjing Lhasa Apso, Ras Purba dan Dianggap Suci

Border collie sangat cerdas

Ilustrasi anjing Border Collie Unsplash/Joséphine Menge Ilustrasi anjing Border Collie
Membicarakan anjing Border collie tidak bisa dilepaskan tanpa kecerdasannya. Pakar anjing secara luas setuju bahwa Border collie adalah anjing pekerja keras yang cerdas. 

Border collie mampu mempelajari sejumlah kata dan perintah yang luar biasa serta paling bahagia ketika dipekerjakan setiap hari.  

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com